Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat UTBK SNBT 2023 Unpad: Tidak Ada Toleransi Peserta yang Terlambat

Kompas.com - 08/05/2023, 20:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 diadakan serentak, Senin (8/5/2023).

Sebagai salah satu Pusat UTBK, ada sebanyak 11.320 peserta yang mengikuti tes di Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor.

Koordinator pelaksana UTBK SNBT Unpad Inu Isnaeni Sidiq menjelaskan, pelaksanaan UTBK hari pertama di Unpad berlangsung lancar. Unpad sudah mengantisipasi sejumlah kendala sehingga proses ujian berjalan baik.

"Alhamdulillah lancar untuk di sesi pertama berjalan dengan sangat baik," kata Inu seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Perhatikan 6 Aturan Berpakaian bagi Peserta UTBK SNBT 2023

Unpad siapkan 33 ruangan untuk UTBK SNBT 2023

Di Pusat UTBK Unpad, UTBK SNBT 2023 dilaksanakan di 33 ruangan di sejumlah lokasi. Yaitu enam ruangan di Fakultas Kedokteran, dua ruangan di Fakultas Kedokteran Gigi.

Empat ruangan di Fakultas Keperawatan, empat ruangan di Fakultas MIPA, dua ruangan di Fakultas Farmasi, 12 ruangan di PPBS, dan tiga ruangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Unpad telah menyiapkan pengawas dengan rasio satu pengawas untuk 20 peserta. Selain itu, Unpad pun telah mengantisipasi potensi adanya berbagai pelanggaran.

"Sudah banyak yang dilakukan terutama di pemeriksaan di awal. Jadi ada pemeriksaan berlapis oleh tim keamanan khususnya oleh Menwa," urai Inu.

Sebelum peserta masuk ruangan, terlebih dahulu diperiksa dokumen kelengkapan ujian. Selain itu dilakukan pemindaian melalui metal detector dan body checking.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada barang apapun yang berpotensi digunakan untuk kecurangan dibawa ke dalam ruangan.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Amikom Jogja 2023/2024 di Semua Jurusan

Pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di Unpad pada hari pertama tidak ditemukan pelanggaran. Jika terjadi pelanggaran, panitia pun sudah menyiapkan prosedur, yaitu peserta yang melakukan pelanggaran akan dicatat dan dilakukan penandatanganan berita acara.

"Nanti kami akan berikan ke pusat untuk diberikan sanksi," imbuh dia.

Peserta wajib hadir 1 jam sebelum ujian

Inu menegaskan agar peserta taat pada aturan termasuk soal waktu. Peserta diminta hadir satu jam sebelum pelaksanaan ujian untuk menjalani prosedur pemeriksaan dokumen dan keamanan.

Selanjutnya, jika ujian sudah berlangsung, peserta yang terlambat tidak diperkenankan mengikuti ujian.

"Karena kalau untuk kebijakan dari pusat sendiri memang tidak diberikan toleransi apapun untuk keterlambatan," kata Inu.

Baca juga: Catat Jadwal dan Syarat 3 Jalur Mandiri Unair 2023

Inu mengingatkan peserta untuk tidak lupa dalam persiapan dokumen ujian. Sebaiknya, dokumen sudah disiapkan setidaknya satu hari sebelumnya sehingga tidak ada yang tertinggal.

"Selain itu jaga kesehatan. Pastikan juga untuk mengecek lokasi satu hari sebelum hari ujian," pungkas Inu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com