Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Peserta UTBK 2023: Belajar Minimal 3 Jam Per Hari hingga Survei Lokasi

Kompas.com - 09/05/2023, 08:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - “Hidup hanya sekali, masa depan harus cerah, maka saya sangat berharap dapat lulus dan menjadi mahasiswa di UI."

Itulah harapan Naurah Firdausy Anbar, salah satu peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 yang memilih Universitas Indonesia (UI) sebagai pilihan melanjutkan studi, termasuk memilih UI sebagai lokasi ujian UTBK 2023.

Naurah mengaku merasa lega bisa melewati ujian UTBK 2023 pada Senin (8/5/2023) dengan lancar. Semua karena ia menyiapkannya dengan matang.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Belajar minimal 3 jam sehari

Program Studi Psikologi menjadi pilihan Naurah untuk melanjutkan studi.

Demi mewujudkan cita-citanya, ia mengalokasikan waktu minimal tiga jam per hari untuk mempelajari materi ujian UTBK 2023.

Tidak hanya belajar, ia mengikuti berbagai try-out di beberapa lembaga bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan menjawab soal.

“Hidup hanya sekali, masa depan harus cerah, maka saya sangat berharap dapat lulus dan menjadi mahasiswa di UI,” kata Naurah.

Demi kelancaran saat ujian, ia juga menyempatkan diri untuk survei lokasi ujian UTBK 2023 sehari sebelumnya.

“Saya tidak menyangka bahwa UI seluas dan sebagus ini dengan lahan yang hijau dan bersih,” tuturnya.

Baca juga: 6 Jalur Mandiri PTN 2023 Tanpa Uang Pangkal: UGM, UI, ITS, hingga UIN


Peserta sudah datang sejak jam 6 pagi

UI menjadi salah satu Pusat UTBK 2023 yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Salah seorang Penanggung Jawab Lapangan (PJL) di Gedung RIK UI, Rina Rahmawati mengatakan bahwa panitia telah menyiapkan lima ruang laboratorium dan 290 unit komputer yang tersebar di Gedung RIK UI.

Para peserta terlihat mulai memadati selasar RIK UI sejak pukul 06.00 WIB pagi. Sebelum para peserta memasuki ruang ujian, panitia pelaksana memberikan pengarahan tata-tertib dan syarat memasuki ruang ujian.

“Panitia telah mempersiapkan diri kurang lebih sejak satu bulan terakhir dengan beberapa simulasi nasional, maupun uji coba lokal, sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh Panitia Pusat UTBK UI maupun Panitia UTBK Nasional,” ujar Rina.

Baca juga: Aturan Pakaian UTBK 2023, Cek yang Boleh dan Tidak Boleh Dikenakan

Rina menyampaikan, panitia juga telah mengantisipasi dalam mencegah terjadinya kecurangan dengan menyampaikan informasi kepada seluruh peserta sebelum masuk ke ruangan.

Hal ini meliputi mengenai hal-hal apa saja yang tidak boleh digunakan atau dibawa selama ujian berlangsung.

Lalu, sebelum peserta memasuki ruangan UTBK 2023, panitia melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metal detector untuk memastikan seluruh peserta mengikuti tata tertib yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com