Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.982 Peserta Ikut UTBK SBNBT 2023, Unnes Pastikan Tak Ada Kecurangan

Kompas.com - 08/05/2023, 21:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023.
Sebanyak 10.982 dijadwalkan akan mengikuti UTBK-SNBT di Unnes.

Pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di Unnes akan digelar selama 7 hari (8-14 Mei 2023) dengan 2 sesi per harinya.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Rektor Unnes Prof. S Martono menyampaikan, Unnes telah menyiapkan fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menunjang kesuksesan penyelengaraan UTBK-SNBT 2023.

"Pelaksanaan UTBK 2023 di Unnes digelar di dua lokasi yakni Gedung Digital Center dan Gedung Kearsipan Unnes. Ada 790 komputer untuk peserta dan 90 komputer cadangan. Akan ada 10 ribu lebih peserta yang mengikuti UTBK di Unnes. Secara teknis kami sudah sangat siap," kata dia mengutip laman Unnes, Senin (8/5/2023).

Prof. Martono juga mengatakan dalam pelaksanaan UTBK SNBT 2023, Unnes sangat berhati-hati untuk mengantisipasi adanya potensi upaya kecurangan dalam tes.

Prof. Martono pun telah menyiapkan peralatan untuk mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oleh peserta, seperti metal detektor dan body checking untuk memeriksa apakah ada alat-alat yang bisa dilakukan untuk kecurangan atau tidak.

"Kami ingin pelaksanaan UTBK-SNBT agar betul-betul baik tanpa ada kecurangan. Kami sangat ketat dan berhati-hati," jelas dia.

Ketua Pelaksana UTBK-SNBT Unnes yang juga Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Zaenuri mengimbau agar para peserta UTBK tidak boleh terlambat.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya Ingatkan Tak Boleh Makan Mi Instan Lebih 2 Bungkus dalam Seminggu

Peserta harus tiba maksimal 30 menit sebelum ujian. Sebab, keterlambatan peserta mengakibatkan yang bersangkutan tidak boleh ikut ujian.

Dia juga mengingatkan agar peserta membawa semua dokumen yang disyaratkan, seperti kartu peserta UTBK 2023, kartu identitas (KTP, paspor, kartu pelajar), ijazah asli atau fotokopi ijazah yang dilegalisasi bagi peserta dengan tahun kelulusan 2021 dan 2022, serta surat keterangan lulus bagi peserta yang akan lulus tahun 2023.

"Kelengkapan dokumen akan mendukung kelancaran mengikuti ujian," jelas dia.

Tak lupa, dia menyampaikan pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di Unnes masih menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: 25.121 Peserta Ikut UTBK SNBT 2023 di UNJ

"Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, namun kita juga sudah mengingatkan kepada pengawas agar lebih konsentrasi terhadap kecurangan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com