Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 14:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.303 mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2023.

Jumlah tersebut menempatkan USU pada peringkat ke-13 PTN penerima mahasiswa terbanyak di Indonesia, yang disampaikan melalui Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi Tahun 2023 oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiwa Baru (SNPMB) PTN 2023 Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Syarat Nilai Rapor dan Ijazah 5 Sekolah Kedinasan, STAN hingga Kemenhub

Pada pengumuman tersebut, USU menempati posisi ke-7 dari 20 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia dengan pendaftar mahasiswa terbanyak, yakni 21.116 orang.

USU juga menempati peringkat ke-4 secara nasional, program studi PTN se-Indonesia dalam tingkat keketatan peminat, yang diduduki oleh Program Studi Gizi USU dengan rasio keketatan 1,18 persen.

Jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui KIP Kuliah untuk jalur SNBP tahun 2023 berjumlah 709 orang atau sekitar 30 persen lebih dari total mahasiswa yang diterima pada jalur ini.

"Dengan besarnya jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui KIP Kuliah pada tahun ini yang melebihi besaran target yang ditetapkan Pemerintah sebesar 20 persen, adalah bentuk komitmen dan kepedulian USU kepada masyarakat dalam peningkatan akses pendidikan untuk kalangan kurang mampu," kata dia mengutip laman USU, Jumat (31/3/2023).

Dia menyebut, ada 5 program studi (Prodi) Saintek dengan peminat tertinggi di USU pada SNBP 2023, yakni Prodi Farmasi, Ilmu Komputer, Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Keperawatan.

Sedangkan untuk rumpun Prodi Soshum, peminat tertinggi ditempati oleh Prodi Manajemen, Ilmu Hukum, Psikologi, Akuntansi dan Ilmu Komunikasi.

Sementara Prodi Saintek dengan peminat terendah di USU ditempati oleh Program Studi Fisika.

Adapun Prodi Soshum dengan peminat terendah diisi oleh Program Studi Sastra Daerah.

Rektor USU, Prof. Muryanto Amin menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah lulus melalui jalur SNBP tahun 2023.

Baca juga: 80 Siswa MAN 2 Malang Lolos SNBP2023, 15 Siswa Masuk Kedokteran

Dia berharap bagi peserta yang belum lulus agar tidak berkecil hati dan menyerah, karena masih ada dua jalur penerimaan lagi yang bisa dijajal, yakni SNBT dan Mandiri.

"Kami mengimbau agar para calon pendaftar dapat lebih mempersiapkan diri, sehingga dapat meraih hasil terbaik dan lulus di USU," jelas dia.

Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU mengingatkan, agar mahasiswa yang diterima pada jalur SNBP tahun 2023 dapat memperhatikan tahapan penting selanjutnya.

Dia menyebutkan, proses pendaftaran ulang dan melengkapi berkas menjadi hal yang jangan sampai terabaikan seluruh persyaratannya, khususnya wajib melakukan registrasi dan mengisi data kelengkapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Online, dengan mengunggah berkas melalui website https://registrasi.usu.ac.id dari tanggal 30 Maret sampai 7 April 2023.

Sementara pembukaan jalur SNBT tahun 2023 akan dimulai pada 23 Maret – 14 April 2023 mendatang.

Baca juga: 15 Daya Tampung Jurusan Kedokteran Terbanyak UTBK SNBT 2023

"Kepada para mahasiswa baru yang lulus jalur SNBP, tolong diperhatikan daftar ulang. Dicatat tanggal pentingnya, dibuat alarm kalau perlu, sehingga tidak terlewat. Karena seringkali mahasiswa terlambat dalam melakukan pendaftaran ulang karena tidak memperhatikan tenggat waktu dan syarat-syarat yang harus dipenuhi dan hal itu dapat menyebabkan status lulusnya menjadi gugur," kata Amalia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com