Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2023, 16:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran sekolah kedinasan 2023 mulai dibuka pada 1 April hingga 30 April 2023 mendatang.

Ada waktu untuk mempersiapkan semua syarat mendaftar sekolah kedinasan 2023. Pada sekolah kedinasan 2023, ada 7 kementerian dan instansi dengan 29 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran.

Siswa yang mau mendaftar sekolah kedinasan 2023 perlu tahu bahwa persyaratan dari masing-masing sekolah kedinasan berbeda-beda.

Selain persyaratan administratif, biasanya juga ada syarat fisik yang harus dipenuhi para pendaftar. Bisa berupa tinggi badan, kesehatan mata dan ketentuan fisik lainnya. Namun, ada dua sekolah kedinasan yang tidak ada syarat fisik khususnya syarat tinggi badan bagi siswa yang mau mendaftar.

Baca juga: Cek Minimal Nilai Rapor dan Ijazah Masuk STIN, IPDN dan STAN

Dua sekolah kedinasan tanpa syarat tinggi badan yang membuka formasi pada tahun 2023 ini yakni Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dan Politeknik Statistika/Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Namun, ada syarat nilai yang perlu dipenuhi calon pendaftar, simak ketentuannya:

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN 

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dalam pendaftaran sekolah kedinasan 2023 membuka 1.100 formasi. Berikut syarat masuk PKN STAN mengacu pada penerimaan taruna taruni 2022/2023:

1. Lulusan tahun 2021 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2022 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Kedinasan Milik BMKG, Lulusannya Jadi CPNS

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta:

  • Lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • Calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2001 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 15 tahun.

4. Telah mendaftar pada portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2022.

5. Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.

Baca juga: Cerita Haekal, Kuliah S2 Filologi UI Satu Angkatan Hanya 6 Orang

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com