Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar KIP Kuliah Gratis Biaya UTBK SNBT 2023? Cek Infonya

Kompas.com - 27/03/2023, 08:26 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftar program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 bisa mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 secara gratis. 

Gratis biaya UTBK 2023 ini berlaku untuk calon mahasiswa yang masuk dalam kategori pemegang KIP Kuliah non-bayar biaya UTBK SNBT 2023. Sementara itu, calon mahasiswa yang pendaftar KIP Kuliah 2023 yang tidak masuk kategori tersebut masih harus yang membayar biaya UTBK sebesar Rp 200.000.

Mengutip dari akun Instagram resmi KIP Kuliah, Minggu (26/3/2023), dijelaskan apabila calon mahasiswa pemegang KIP Kuliah non-bayar biaya UTBK, maka dapat melihat nomor KIP Kuliah dengan kotak bertuliskan "Terdaftar (gratis biaya UTBK)".

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI no.4/PMK.02/2023, besaran tarif seleksi nasional yang ditetapkan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial ditetapkan sebesar Rp 0 atau nol rupiah.

Baca juga: Arti dan Cara Mengisi Biaya Transportasi Saat Daftar KIP Kuliah 2023

Daftar UTBK SNBT 2023 gratis

Mengutip dari Peraturan Menteri Keuangan RI no.4/PMK.02/2023, dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia ini diatur sebagai berikut:

Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak kebutuhan mendesak yang berlaku pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berasal dari penerimaan:

a. Seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) untuk perguruan tinggi negeri program diploma/sarjana; dan

b. Layanan sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Dengan pertimbangan tertentu tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 dapat ditetapkan sampai dengan Rp0,00 (nol rupiah) atau 0 persen (nol persen).

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, dan Brawijaya

Sehingga calon mahasiswa yang ingin mendaftar UTBK SNBT 2023 sebagai penerima KIP Kuliah, pastikan telah terdaftar di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.


Baca juga: 13 Jurusan Sepi Peminat Vs Terfavorit di Unram

Akun KIP Kuliah 2023 bisa digunakan di semua jalur

Setelah terdaftar, calon mahasiswa bisa menunggu pembaruan status pendaftaran KIP Kuliah berubah di laman tersebut.

Nantinya, di laman tersebut akan tertera status KIP Kuliah "Terdaftar (Gratis biaya UTBK)".

Daftar UTBK SNBT 2023 gratis ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa yang sudah mendaftar program KIP Kuliah.

Perlu diketahui bahwa siswa yang sudah membuat akun KIP Kuliah 2023 untuk mendaftar di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 namun tidak lolos SNBP, akun KIP Kuliah tersebut masih bisa digunakan untuk mendaftar di jalur UTBK SNBT 2023.

Jika gagal di jalur UTBK SNBT 2023, akun KIP Kuliah 2023 yang sudah dibuat juga masih bisa dipakai untuk mendaftar lewat jalur mandiri baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Namun, apabila masih gagal dan memutuskan untuk gap year, akun KIP Kuliah ini masih digunakan untuk mengikuti penerimaan mahasiswa baru tahun berikutnya dengan hanya melakukan pembaruan akun.

Calon mahasiswa tidak perlu melengkapi berkas lagi dan hanya cukup melakukan pembaruan akun KIP Kuliah.

Baca juga: Unnes Buka Jalur Mandiri PGSD Unggulan 2023: Syarat dan Cara Daftar

Demikian informasi mengenai daftar UTBK SNBT 2023 gratis yang bisa diakses pemohon KIP Kuliah 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com