Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unnes Buka Jalur Mandiri PGSD Unggulan 2023: Syarat dan Cara Daftar

Kompas.com - 26/03/2023, 12:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana melalui Seleksi Mandiri Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan 2023.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan ini adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.

SM Unnes jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan tahun akademik 2023/2024 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam rangka meningkatkan calon guru Sekolah Dasar yang unggul yang dilanjutkan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Melansir dari laman resmi Penerimaan Unnes, Minggu (26/3/2023) menerangkan informasi mengenai jalur PGSD Unggulan 2023 yang pendaftarannya masih dibuka hingga 9 Juni 2023.

Baca juga: H-3 Pengumuman SNBP 2023, Ini Cara Cek Link Utama dan 36 Link Mirror

Syarat daftar jalur mandiri PGSD Unggulan 2023

Calon mahasiswa yang ingin berprofesi menjadi guru bisa memanfaatkan jalur ini. Simak informasinya sampai selesai.

Syarat umum:

Syarat umum jalur Seleksi Mandiri Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan 2023.

1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah

2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan 1 atau 2 (semester 1 sampai dengan 8) dan diakselerasi untuk mengikuti PPG Prajabatan.

Baca juga: 5 Beasiswa Pertukaran Pelajar Siswa SMA, Tunjangan Capai Rp 61 Juta

Syarat khusus:

Selain syarat umum, juga ada syarat khusus untuk mendaftar jalur Seleksi Mandiri Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan 2023. Berikut syarat khusus yang perlu diperhatikan calon mahasiswa:

1. Nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 mata pelajaran Bahasa Inggris, rumpun atau mata pelajaran IPA, rumpun atau mata pelajaran IPS, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Bahasa Indonesia pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat minimal 8 dengan dibuktikan dokumen rapor atau transkrip nilai atau dokumen resmi lainnya.

2. Mengikuti Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

3. Mengikuti wawancara.

Baca juga: 4 Beasiswa Penuh S1-S3 Luar Negeri dengan Syarat Skor IELTS 6.0

Jadwal pendaftaran 

Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Maret hingga 9 Juni 2023. Pendaftaran bisa dilakukan di laman https://penerimaan.unnes.ac.id.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unnes lewat jalur ini perlu tahu bahwa ada biaya pendaftaran peserta SM-Unnes Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan 2022 sebesar Rp 300.000.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar jalur ini, berikut jadwal seleksi yang perlu diperhatikan:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com