Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Dibuka Jalur PBUB UGM 2023, Catat Syarat dan Jadwalnya

Kompas.com - 18/03/2023, 13:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) 2023 merupakan salah satu jalur Mandiri yang dibuka Universitas Gadjah Mada (UGM).

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan lewat jalur PBUB UGM 2023, wajib mencatat jadwal pendaftarannya.

Melansir dari laman resmi UM UGM, Sabtu (18/3/2023) memberikan informasi bahwa jalur PBUB UGM akan dibuka pada 28 Maret 2023 hingga 12 April 2023.

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau juara lomba di bidang olahraga, seni, dan Iptek sesuai program studi (prodi) yang dipilih.

Baca juga: Kapan Utul UGM 2023 Diadakan? Cek Syarat dan Dokumen yang Dibutuhkan

Jalur PBUB UGM 2023

Tingkat kejuaraan yang diakui antara lain kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.

Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat pelaksanaan lomba.

Syarat umum jalur PBUB UGM 2023

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di UGM lewat jalur PBUB UGM 2023, perhatikan syarat umum dan syarat khusus berikut ini:

1. Sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan);

2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat 1 (satu) tahun terakhir atau lulusan Paket C dalam 1 (satu) tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan);

3. Memiliki prestasi akademik baik dan konsisten;

4. Memiliki surat keterangan sedang menempuh kelas 12 (dua belas) atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang berada di kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah; atau

5. Memiliki ijazah bagi calon peserta lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 1 tahun terakhir.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah 2023 untuk SNBT, Ini Besaran Bantuan yang Diterima

Syarat khusus jalur PBUB UGM 2023

a. Klaster Iptek:

1. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat pada tahun berjalan;

2. Nilai pengetahuan dalam rapor ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan program 4 (empat) tahun; dan

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com