Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 20:52 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan (BP3IP) Jakarta memiliki layanan fasilitas kesehatan dengan kategori Klinik Utama. Di mana sebelumnya merupakan Klinik Pratama.

Langkah ini dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik, tidak hanya kepada perserta diklat dan pelaut, tapi kepada masyarakat umum.

Baca juga: Beasiswa DSA bagi SMA-S1, Ada Bantuan Rp 3,6 Juta Per Semester

Direktur BP3IP Jakarta, Ahmad menjelaskan, bahwa lembaga pendidikannya resmi memiliki pelayanan kesehatan berbentuk klinik dengan kategori utama.

Hal ini setelah mendapatkan pengesahan dan izin baik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan maupun dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

"Dengan menjadi Klinik Utama, maka sebelumnya pihak BP3IP Jakarta telah melengkap sumber daya manusia (SDM) dan peralatan pendukung operasional tersebut bisa diakses dan melayani masyarakat umum yang ingin berobat. Mulai dari dokter, dokter spesialis, perawat sarana dan prasarana maupun apotik," kata dia dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Sebelumnya, tambahnya, saat menjadi Klinik Pratama, BP3IP Jakarta bekerja sama dengan pihak ketiga dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk kepentingan para tarunanya.

Maka, dengan meningkatkan katerogi klinik yang ada menjadi utama maka semua itu bisa dilayani sendiri.

Koordinator Dokter Klinik Utama BP3IP Jakarta, Mutiara Haryani menjelaskan Layanan yang diberikan di Klinik Utama BP3IP diutamakan untuk para peserta diklat.

Baca juga: 11 Jurusan Undip Punya Daya Tampung Besar di SNBP 2023

Namun, hal ini tidak menutup kemungkin untuk masyarakat umum seperti Layanan yang ada Poli Umum, Poli Gigi lengkap dengan spasialis gigi, apotik medical checkup, cek buku pelaut, cek narkoba, laboratorium dan vaksin internasional untuk keperluan para pelaut yang ingin belayar.

:Untuk jam operasinal klinik mengikuti jam buka BP3IP Jakarta yaitu dari jam 08.00 hingga jam 16.00 dan dengan tarif layanan bersaing dan sesuai yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakartam," jelas dia.

Saat ini, Klinik Utama BP3IP memiliki 13 orang petugas yang terdiri dari Dokter, Perawat, Analis Lab, Petugas Administrasi, dan Apoteker.

Dr. Mutiara juga menjelaskan untuk peralatan yang ada di klinik ini juga lengkap sehingga dapat melayani keperluan pemeriksaan para pelaut.

Baca juga: Beasiswa Cendekia Muda 2023 bagi SMA-S3, Total Beasiswa Rp 12 Juta

"Seperti peralatan laboratorium dan apotik sesuai dengan standar dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta," tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+