Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIP Kuliah 2023 Dibuka, Kemendikbud: Lebih Cepat Daftar Lebih Baik

Kompas.com - 15/02/2023, 14:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran KIP Kuliah 2023 kembali dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bagi calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

KIP Kuliah adalah beasiswa yang diberikan bagi calon mahasiswa berprestasi namun mengalami keterbatasan finansial. Dengan KIP Kuliah 2023, calon mahasiswa dapat merasakan kuliah gratis dan mendapatkan bantuan biaya hidup berupa uang saku bulanan.

Harapannya, mereka akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik setelah lulus dan dapat mengangkat status ekonomi dan sosial keluarganya di masa depan.

Baca juga: Gratiskan Biaya Kuliah dan Hidup, KIP Kuliah Ringankan Beban Orangtua

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dibuka pada 14 Februari 2023, dimulai dengan pembuatan Akun Siswa KIP Kuliah dan dilanjutkan dengan pendaftaran sesuai dengan jalur masuk perguruan tinggi yang ditempuh oleh calon mahasiswa.

Karena itu, agar tidak ketinggalan pendaftaran, calon mahasiswa perlu cermati info-info terkait pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau swasta.

Kepala Pusat Pelayanan pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar mengajak para siswa yang merasa layak untuk mendapat KIP Kuliah untuk segera mendaftar sedini mungkin, jangan menunggu di hari-hari terakhir masa pendaftaran.

“Ini penting, sebab menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran, ada kemungkinan trafik jaringan membludak sehingga berpotensi terganggu sehingga berpotensi gagal atau tidak bisa submit, karena itu lebih cepat mendaftar lebih baik,” katanya dalam keterangan resmi Puslapdik Kemendikbud, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: 64 Jurusan UI dan Daya Tampung 2022, Referensi Masuk PTN 2023

Namun, sebelum mendaftar, dikatakan Abdul Kahar, sebaiknya calon mahasiswa mulai mencari info persyaratan mendaftar dan segera lengkapi sehingga saat masuk ke sistem KIP Kuliah bisa segera selesai, tidak berulang-ulang.

Yang juga penting disadari siswa calon pendaftar, kata Abdul Kahar, adalah menyadari bahwa kuota KIP Kuliah itu terbatas sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh KIP Kuliah.

“Mungkin data-datanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan,tapi ada juga pertimbangan kelayakan, sehingga KIP Kuliah ini sifatnya kompetitif." jelasnya.

Hal ini penting disadari para siswa pendaftar agar siap bersaing mengikuti kompetisi yang sehat.

“Ingat, KIP Kuliah menerima semua jalur SNPMB, seperti seleksi SNBP, atau UTBK-SNBT, juga ada jalur seleksi di perguruan tinggi swasta, bisa di perguruan tinggi akademik atau vokasi," katanya.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah 2023 Terkendala NIK, NSIN, NPSN? Cek Solusinya

Bantuan KIP Kuliah 2023 bisa diperoleh melalui semua jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dan jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), maupun jalur Mandiri PTN dan PTS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com