Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa VDMI 2023 Dibuka, Ada Biaya Hidup Rp 750.000 Per Bulan

Kompas.com - 12/02/2023, 21:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa D4/S1 yang membutuhkan beasiswa bisa memanfaatkan beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) 2023, sebab telah dibuka.

Para mahasiswa bisa memanfaatkan beasiswa VDMI 2023 karena pendaftaran masih dibuka hingga 10 Maret 2023 mendatang.

Beasiswa VDMI 2023 ini memberikan bantuan biaya hidup sebesar Rp 750.000 per bulan dan bonus TOEFL.

Bantuan biaya hidup ini diberikan hingga semester akhir, untuk mahasiswa D3 diberikan hingga 6 semester sedangkan bagi mahasiswa program D4/S1 diberikan hingga 8 semester.

Baca juga: Cek 7 Jurusan Undip Minim Peminat, Referensi SNBP 2023

Beasiswa VDMI 2023

Kriteria utama penerimaan beasiswa VDMI 2023 adalah mahasiswa yang tidak mampu secara finansial.

Selain itu mahasiswa yang mau mendaftar beasiswa VDMI 2023 juga dinyatakan dalam SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu.

Punya IPK ≥ 3,00 yang merupakan mahasiswa D3/D4/S1 dari universitas mitra, berusia maksimal 27 tahun dan sedang tidak menerima beasiswa lain.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui website Online Registration System yaitu ers.vdms-scholarship.org.

Melansir dari laman kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB), Minggu (12/2/2023) memaparkan persyaratan beasiswa VDMI 2023.

Baca juga: Daya Tampung SNBP-SNBT dan Peminat Jurusan Teknik Metalurgi di 6 PTN

1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kelurahan terbaru atau Surat Rekomendasi dari pihak kampus (yang ditanda-tangani oleh Rektor/Dekan/Kaprodi) yang menyatakan kondisi ekonomi keluarga. (Jika ada)

2. Slip gaji resmi orangtua atau wali maksimal 2 bulan terakhir baik yang bekerja di institusi pemerintah atau swasta. Bagi orangtua mahasiswa yang bekerja sebagai wirausaha bisa melampirkan surat dari kelurahan setempat.

3. Transkrip akademik atau IPK terbaru (minimal dengan nilai 3,00) yang sudah di tanda tangan oleh Kaprodi.

4. Fotokopi KTP, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Keluarga (KK).

5. Fotokopi halaman depan buku tabungan atas nama sendiri (Disiapkan apabila lolos dan diterima sebagai penerima beasiswa VDMS).

6. Fotokopi Tagihan listrik / Telepon rumah Domisili (maksimal 2 bulan terakhir).

7. Membuat Essay dalam bahasa Inggris yang menerangkan: mengenai diri Anda (keluarga, studi, kegiatan keorganisasi dan prestasi (jika ada); mengapa VDMI harus memilih Anda menjadi penerima beasiswa; apa yang Anda harapkan jika terpilih sebagai penerima beasiswa VDMI; dan apa yang dapat Anda berikan kepada lingkungan dan masyarakat setelah anda selesai menerima beasiswa. (Minimal 1,5 halaman A4, Hurup:Palantino Linotype, ukuran 11, dan spasi 1).

Baca juga: Beasiswa Van Deventer Maas Indonesia 2023 bagi SMA-S2, Cek Syaratnya

Untuk informasi mengenai beasiswa VDMI 2023 bisa dicek di akun Instagram resmi @yvdmi atau melalui laman http://vandeventermaas.or.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com