Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 16:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama Deris Nagara baru-baru ini banyak diperbincangkan masyarakat karena prestasinya. Pemuda asal Ciamis ini berhasil menjadi Presiden BEM Columbia University.

Mantan personel boyband Galaxy atau TGX ini sekarang tengah menempun pendidikan S2 di Columbia University dan merupakan awardee beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Deris juga dipercaya menjadi ketua angkatan PK-193 Genta Mandaya. Kepada Kompas.com, Deris mengaku sudah sejak lama mengincar beasiswa LPDP agar bisa mengenyam pendidikan di luar negeri.

Usaha Deris dimulai sejak 2021, dia mendaftar ke Columbia University dan dinyarakan lolos pada Oktober atau November 2021. Namun sayangnya kala itu, Deris belum mendapatkan beasiswa maupun sponsorship dan timeline beasiswa LPDP kurang pas kala itu.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Pemuda Asal Ciamis Jadi Presiden BEM di Columbia University

Deris Nagara, awardee LPDP 2022

Deris pun akhirnya mencoba lagi mendaftar di Columbia University pada akhir 2021. Hingga akhirnya bulan Maret 2022 berhasil lolos di Columbia University dan mendapatkan beasiswa langsung dari kampus tersebut.

"Hanya 10-20 persen mahasiswa dari seluruh dunia yang bisa mendapat beasiswa langsung dari Columbia University. Saya termasuk salah satu yang menerima beasiswa langsung dari Columbia University," tutur Deris kepada Kompas.com, Kamis (2/2/2023).

Salah satu strategi Deris saat mendaftar beasiswa LPDP adalah meminta saran dan membangun network bagi alumni LPDP tahun-tahun sebelumnya.

Dia meminta panduan alumi LPDP dari beberapa kampus top dunia seperti Harvard University dan Columbia University. Deris mengaku, dia sama sekali tidak punya koneksi karena dia juga menjadi yang pertama alumnus President University yang bisa tembus LPDP untuk Columbia University.

"Saya tidak punya koneksi dari senior. Namun saya mencoba menghubungi beberapa orang lewat LinkedIn, Instagram, YouTube. Minta pertolongan untuk dipandu dan dibantu. Akhirnya daftar LPDP dan lolos administrasi kemudian wawancara hingga akhirnya dinyatakan lolos beasiswa LPDP subkategori LPDP PTUD," ungkap Deris.

Deris membagikan tips bagi mahasiswa yang tahun ini berencana mendaftar LPDP 2023. Deris menyarankan agar generasi muda bisa lebih banyak mengetahui tentang diri sendiri dan jangan membandingkan kehidupan mereka dengan kehidupan orang lain.

Baca juga: Beasiswa Parsial LPDP 2023: Cek Skema Pembiayaan yang Diberikan

Tips lolos beasiswa LPDP ala Deris Nagara

Presiden BEM Columbia University memberi tips lolos beasiswa LPDP.DOK. Deris Nagara Presiden BEM Columbia University memberi tips lolos beasiswa LPDP.

Berikut tips lolos beasiswa LPDP dari Presiden BEM Columbia University.

1. Ketahui kekuatan dan kelemahan dan potensi diri

Tips pertama dari Deris adalah, banyak mengetahui memperdalam diri sendiri dan jangan membandingkan dengan orang lain karena tiap orang berbeda satu sama lain.

Deris menekankan, perlunya self-awareness mengetahui kelebihan, kekurangan hingga kesempatan apa yang bisa diperoleh.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com