Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 15:29 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Berkomitmen untuk terus mendukung momentum perkembangan industri film nasional, Cinema XXI menggagas kegiatan Diskusi Asik Penulisan Skenario dan Nobar Film bersama siswa dan siswi SMK Metland.

Setidaknya ada 100 orang siswa-siswi SMK Metland yang melakukan diskusi bersama Ernest Prakasa yang merupakan Sutradara sekaligus Penulis Naskah Film Cek Toko Sebelah 2.

Baca juga: Pilih Jurusan Kedokteran di SNBP 2023, Harus Unggul di 3 Mapel Ini

Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan dan menjadi bagian dari kerjasama strategis yang dijalin oleh Produksi Film Negara (PFN), SMK Metland, dan Cinema XXI dalam pelaksanaan workshop penulisan naskah film.

Adapun kegiatan diskusi dan nobar film merupakan hasil kerja sama antara Cinema XXI dan Starvision.

Head of Corporate Communication & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol menyatakan, selepas dari masa pandemi, kita menyaksikan bahwa industri perfilman nasional semakin berkembang pesat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari FilmIndonesia.or.id, terdapat 14 judul film nasional di tahun 2022 yang telah disaksikan oleh lebih dari 1 juta penonton.

"Perkembangan yang pesat ini turut didukung oleh sineas dan pekerja film tanah air yang terus menghasilkan karya-karya yang semakin berkualitas, termasuk di dalamnya peran penulis naskah," kata dia di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Oleh karena itu, melalui kegiatan Diskusi Asik Penulisan Skenario dan Nobar Film, Cinema XXI ingin lebih dalam memperkenalkan profesi penulis naskah serta peran pentingnya dalam menciptakan film berkualitas kepada generasi muda Indonesia.

Banyak faktor utama yang dibutuhkan untuk menghadirkan film berkualitas ke tengah masyarakat.

Selain produser, sutradara, dan para pemain yang mumpuni, sebuah film juga harus memiliki naskah dan alur cerita yang baik pula, dan di sinilah peran penting penulis naskah hadir.

Tidak hanya bertugas untuk menuturkan cerita, tapi penulis naskah sedari awal telah meletakkan fondasi bagaimana sebuah film akan digambarkan dan dibuat, pada akhirnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Baca juga: 20 Kampus Top Dunia Jurusan IT, buat Daftar Beasiswa LPDP 2023

Di kesempatan terpisah, Produser Starvision, Chand Parwez mengatakan, sebuah karya film seharusnya memiliki premis yang jelas dan skenarionya dapat menerjemahkan premis tersebut melalui struktur penceritaan yang kuat, hingga menciptakan keingintahuan penonton dan asik untuk diikuti.

Oleh karena itu, Starvision selaku production house yang melahirkan Cek Toko Sebelah 2 menyambut baik inisiasi Cinema XXI.

Kepala Sekolah SMK Metland, Darmawan Sunarja mengungkapkan, film adalah cerita yang dituturkan kepada penonton melalui rangkaian gambar bergerak.

Maka, kata dia, jelas naskah sebuah film menjadi pondasi utama dalam penciptaan karya film dengan kualitas yang baik.

Direktur Utama Perum PFN, Dwi Heriyanto menjelaskan, semakin banyaknya jumlah film berkualitas yang diproduksi sineas tanah air harus diimbangi dengan semakin banyaknya penulis skenario yang berbakat sehingga dapat menghasilkan karya cemerlang.

Oleh karena itu, kolaborasi antaraPFN, SMK Metland dan Cinema XXI diharapkan mampu menghasilkan penulis naskah profesional untuk memajukan perfilman tanah air.

Baca juga: 10 Prodi UGM Paling Diminati di SNMPTN 2022, buat Referensi SNBP 2023

Dewinta menambahkan, perusahaan akan menggandeng mitra-mitra strategis lainnya agar Indonesia memiliki semakin banyak penulis naskah film khususnya dari generasi muda, sehingga semakin banyak lahir film karya anak bangsa yang dinikmati dan dicintai masyarakat Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com