Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 14:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Gramedia

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang berniat mengambil Jurusan Ilmu Sejarah, maka harus paham beberapa hal. Salah satunya terkait pertanyaan Jurusan Sejarah kerja apa?

Ternyata selain menjadi seorang sejarawan, kamu juga bisa menjadi peneliti dan lain-lain. Maka dari itu, calon mahasiswa bisa mengenal lebih dekat jurusan kuliah Ilmu Sejarah.

Melansir laman gramedia.com, Jurusan Ilmu Sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno yang dimulai sebelum masehi, hingga zaman modern di atas abad dua puluh.

Selain itu, sejarah bermakna kejadian masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari masa lampau, seperti artefak, manuskrip, dan buku.

Baca juga: 20 PTN Penerima KIP Kuliah Terbanyak di SNMPTN 2022, Referensi SNBP 2023

Sedangkan konteks Ilmu Sejarah juga sangat luas, yakni mencakup aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial. Nantinya, Ilmu Sejarah bakal mengajarkanmu memahami bagaimana sesuatu berubah dari waktu ke waktu, mempelajari pola dan nilai yang terkandung di dalamnya.

Ini yang dipelajari Jurusan Ilmu Sejarah

Jika kamu kuliah di jurusan ini, maka akan mempelajari Sejarah Dunia, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Sejarah Asia Tenggara, Sejarah Politik Luar Negeri, Sejarah Pemikiran Islam, dan pengetahuan pendukung lainnya.

Nantinya, kamu juga bakal dididik hingga memiliki kemampuan tinggi dalam pemikiran teoritis dan penerapannya, menumbuhkembangkan dan menciptakan karya di bidang ilmu sejarah serta menyebarkannya demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.

Mata kuliah Jurusan Ilmu Sejarah

Berikut ini beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Ilmu Sejarah:

  • Pengantar Ilmu Sejarah
  • Geografi Sejarah
  • Sejarah Indonesia
  • Sejarah Dunia
  • Sejarah Militer di Indonesia
  • Pengantar Sejarah Pemikiran Politik Indonesia
  • Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
  • Bahasa Sumber Sejarah
  • Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  • Metode Sejarah, dan lain-lain

Baca juga: Referensi Daftar SNBP-SNBT 2023, Cek 10 Jurusan Favorit Anak IPS

Prospek kerja Jurusan Sejarah

Usai lulus di jurusan ini, prospek kerja Jurusan Sejarah seperti Peneliti sejarah, Penulis buku sejarah, Dosen mata kuliah sejarah.

Selain pekerjaan yang berkaitan dengan sejarah, lulusan ilmu sejarah juga dapat bekerja di bidang lain seperti arkeologi (menjadi arkeolog) dan jurnalis.

Ilmu pengetahuan yang didapat selama kuliah juga dapat membantumu berkarier sebagai pemandu wisata pada objek-objek bersejarah, juga di instansi pemerintahan.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menjadi sejarawan, ahli geografi, analis penelitian, kurator, juru arsip atau sebagai staf museum.

Sejarawan

Sebagai seorang sejarawan, tugasmu mempelajari dan memahami masa lalu dan menyajikan kesimpulan kepada publik atau kepada organisasi yang membutuhkan informasi tersebut.

Juru Arsip

Halaman:
Sumber Gramedia


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com