Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2023, 07:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa parsial bisa menjadi pilihan untuk meringankan biaya kuliah di luar negeri. Meski tidak menanggung semua biaya pendidikan layaknya beasiswa penuh, namun kesempatan untuk mendapatkan beasiswa parsial dinilai lebih besar karena jumlah peminat yang tidak sebanyak beasiswa penuh.

The University of Sheffield, Inggris menjadi salah satu universitas yang sedang membuka beasiswa parsial untuk jenjang S1-S2 yang bisa didaftar oleh calon mahasiswa Indonesia.

Berdiri pada tahun 1905, The University of Sheffield merupakan salah satu universitas elit di UK yang berlokasi di kota Sheffield, South Yorkshire, Inggris.

Baca juga: Batas Usia Maksimal Pendaftar Beasiswa LPDP 2023 Jenjang S2-S3

Kampus ini termasuk dalam salah satu anggota dari Russell Group Universities: yaitu perkumpulan 24 universitas peringkat atas di UK yang sangat fokus dengan penelitian.

Pada tahun 2023, The University of Sheffield menempati peringkat 28 di UK menurut the Complete University Guide dan 96 di dunia menurut QS World University Rankings 2023.

Kota Sheffield dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari London dan 45 menit dari Manchester menggunakan kereta.

Kota Sheffield merupakan salah satu kota teraman untuk ditinggali pelajar internasional dan memiliki biaya hidup yang lebih terjangkau ketimbang di kota besar UK lainnya.

Baca juga: 5 Beasiswa S1, S2 Luar Negeri Tanpa TOEFL di Tahun 2023

Cakupan beasiswa

The University of Sheffield menawarkan sejumlah program beasiswa berupa potongan uang kuliah baik untuk program kuliah S1 maupun S2 yang dimulai pada bulan September 2023. Sejumlah program beasiswa tersebut antara lain:

  • International Undergraduate Merit Scholarships: berupa potongan sejumlah 50 persen dari biaya kuliah untuk program studi S1 dengan batas pendaftaran beasiswa 24 April 2023 (13.00 UK Time).
  • International Undergraduate Scholarships: berupa potongan sejumlah £2,000 hingga £2,500 atau sekitar Rp 37-46 juta per tahun dari total biaya kuliah dengan batas waktu hingga 8 Juni 2023 (16.00 UK Time).
  • International Postgraduate Merit Scholarships: berupa potongan sejumlah 25 persen dari total biaya kuliah dengan batas waktu pendaftaran beasiswa 15 Mei 2023 (13.00 UK Time)
  • International Postgraduate Scholarships: berupa potongan sejumlah £2,000 hingga £2,500 atau sekitar Rp 37-46 juta per tahun dari total biaya kuliah dengan batas waktu hingga 16 Juni 2023.
  • MBA Scholarships 2023: berupa potongan sejumlah £10,000 atau sekitar Rp 185 juta berdasarkan prestasi akademik, perkembangan karir, dan potensi untuk berkontribusi pada program MBA.

Jika pelajar telah menyelesaikan kuliah S1 maupun S2 di Inggris akan mendapatkan kesempatan untuk tinggal dan bekerja di Inggris selama 2 tahun melalui Post Graduate Work Visa.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 dengan Uang Saku Besar, Salah Satunya LPDP 2023

Persyaratan pendaftaran

Berikut ini adalah persyaratan untuk pendaftaran dan program beasiswa dari The University of Sheffield:

1. Calon siswa internasional (bukan warga negara UK) yang akan memulai kuliah di bulan September 2023.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan di The University of Sheffield.

3. Nilai rapor akhir dan ijazah A Level / IB untuk kuliah S1, nilai transkrip dan ijazah S1 untuk kuliah S2.

4. Copy passport.

5. Hasil tes resmi Bahasa Inggris seperti IELTS, PTE, dan lainnya.

6. Dokumen pendukung lainnya seperti personal statement, surat rekomendasi, dan CV.

Pendaftaran

Perwakilan dari The University of Sheffield akan hadir dalam acara UK Russell Group Universities Mini Fair 2023 di Le Meridien Jakarta Hotel pada 3 Februari 2023 mulai pukul 16.00 WIB.

Dalam acara ini, kamu tidak hanya mendapatkan informasi mengenai kuliah di UK dan informasi beasiswa saja, tetapi kamu juga bisa konsultasi mengenai persiapan kuliah seperti IELTS, di mana merupakan tes Bahasa Inggris resmi yang harus diambil sebagai salah satu persyaratan kuliah keluar negeri.

Untuk informasi lengkap mengenai Mini Fair 2023 serta informasi beasiswa dapat dilihat melalui laman https://www.jackstudy.co.id/ 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com