Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1-S2 ke Kampus Terbaik Australia 2023, Senilai Rp 104 Juta

Kompas.com - 18/12/2022, 11:29 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pada tahun 2022 ini tercatat ada sekitar 11.000 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia.

Hingga kini, Australia masih menjadi negara destinasi belajar terfavorit bagi pelajar Indonesia karena kualitas pendidikan dan lokasinya tak begitu jauh.

Bila Australia menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah, salah satu universitas top 50 dunia di Australia, The University of Queensland kini tengah menawarkan beasiswa S1-S2 untuk tahun 2023.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Tunjangan Rp 7 Juta Per Bulan

The University of Queensland sendiri merupakan universitas kelima tertua di Australia yang juga termasuk dalam Group of Eight (Go8) Australia, yaitu perkumpulan 8 universitas peringkat atas di Australia yang sangat kuat dalam penelitian dan kualitas pengajarannya.

Tahun 2023 The University of Queensland menempati peringkat 50 dunia menurut QS World University Rankings.

Berlokasi di kota Brisbane yang merupakan ibukota dari negara bagian Queensland di Australia, Brisbane merupakan kota ketiga terbesar di Australia dengan biaya hidup yang relatif lebih terjangkau ketimbang Sydney dan Melbourne.

Menariknya, kota Brisbane diklasifikasikan sebagai Global City menurut Globalization and World City 2023 karena populasinya yang sangat multikultural, dan juga merupakan pusat pengembangan riset dan inovasi terbesar di Asia Pasifik dengan keunggulan di bidang Medicine dan Biotechnology.

Baca juga: Minimal Skor IELTS untuk Daftar Beasiswa S1-S2, Siapkan dari Sekarang

Cakupan beasiswa

Di tahun 2023, The University of Queensland menawarkan sejumlah program beasiswa parsial yaitu:

1. UQ International Excellence Scholarships berupa potongan uang kuliah sejumlah 25 persen setiap tahunnya selama durasi kuliah berlangsung (maksimal hingga 4 tahun).

2. International High Achievers berupa potongan uang kuliah sejumlah AUD 10,000 atau sekitar Rp 104 juta di tahun pertama untuk program kuliah S1 dan S2.

Program beasiswa ini ditawarkan untuk calon mahasiswa yang akan memulai kuliah S1 dan S2 di bulan Februari dan Juli 2023. Bagi yang berminat, masih ada banyak peluang untuk memproses aplikasinya agar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa tersebut tidak terlewatkan.

Manariknya, peluang untuk bekerja di Brisbane juga sangat besar karena setelah lulus kuliah, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk tinggal dan bekerja selama 2 tahun melalui program Post Study Work Visa.

Baca juga: 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL atau IELTS

Persyaratan

Berikut ini adalah persyaratan untuk pendaftaran dan program beasiswa dari The University of Queensland:

1. Calon mahasiswa internasional (bukan warga negara Australia) yang akan memulai kuliah S1 dan S2 di bulan Februari dan Juli 2023.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan di The University of Queensland.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com