Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 12:12 WIB

KOMPAS.comIPB University berhasil menjadi juara umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur pada 30 November hingga 4 Desember 2022.

IPB berhasil mengumpulkan 5 medali emas, 3 medali perak untuk kelas presentasi dan 1 medali emas, 2 medali perak, 2 medali perunggu untuk kelas poster dalam gelaran yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud Ristek.

Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Ristek Sri Gunani Pratiwi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta Pimnas ke-35.

“Selamat kepada adik-adik mahasiswa. PIMNAS adalah kegiatan yang rutin diselenggarakan. Jadikan sebagai wahana berlatih bagi untuk berpikir kritis, meningkatkan kemampuan analisis, dan memiliki kreativitas serta inovasi yang tinggi,” ujar Sri dalam Acara Penutupan dan Penganugerahan, Sabtu (3/11/2022).

Dalam kesempatan sama, Rektor UMM Fauzan berpesan, Pimnas mejadi titik dasar strategis dalam menjawab tantangan generasi emas tahun 2045.

“Pimnas yang diselenggarakan setiap tahun bukanlah hanya sekedar event rutin tetapi di tahun 2022 ini menjadi titik dasar yang strategis, karena pada hakekatnya adik-adik mahasiswa adalah generasi yang akan dipersiapkan menjawab tantangan generasi emas tahun 2045,” ujar Fauzan.

Karya yang terpilih mengikuti Pimnas ke-35 sebanyak 374 karya dari 1.694 peserta dari 97 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana Pimnas ke-35 Hariyadi dalam laporannya mengatakan seluruh rangkaian kegiatan Pimnas ke-35 berjalan dengan lancar.

“Harapan kami, seluruh mahasiswa dapat merasakan manfaat besar dari penyelenggaraan kegiatan ini dan menghidupkan kebersamaan antar mahasiswa Indonesa serta menciptakan kreativitas dan inovasi,” tutur Hariyadi.

Baca juga: Pimnas Ke-35 di UMM Jadi Pembuktian Kekayaan Riset dan Inovasi Pendidikan Tinggi

10 universitas terbaik Pimnas 2022

Berikut daftar lengkap peringkat Pimnas ke-35 tahun 2022:

  1. IPB University
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Negeri Malang
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Hasanuddin
  7. Institut Seni Indonesia Surakarta
  8. Institut Teknologi Bandung
  9. Universitas Negeri Medan
  10. Universitas Airlangga
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+