Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimnas Ke-35 di UMM Jadi Pembuktian Kekayaan Riset dan Inovasi Pendidikan Tinggi

Kompas.com - 01/12/2022, 13:25 WIB

KOMPAS.com - Kemendikbdud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 30 November hingga 4 Desember 2022.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam acara pembukaan (30/11/2022) mengatakan, melalui Pimnas mahasiswa harus siap menjawab tantangan kebutuhan zaman melalui riset dan inovasi secara berkesinambungan.

“Saya tidak pernah ragu akan kekayaan riset dan inovasi yang dimiliki oleh dunia pendidikan tinggi kita," ungkap Nadiem Makarim.

"Selama 35 tahun penyelenggaraan Pimnas, tentunya ada banyak sekali produk-produk ilmu pengetahuan bernilai tinggi yang telah dilahirkan oleh mahasiswa terbaik,” lanjut Nadiem.

Mendikbud Ristek juga berpesan kepada seluruh sivitas akademika peserta Pimnas agar menghadirkan karya berkelanjutan serta bermanfaat untuk masyarakat sesuai dengan wujud implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Siapapun nanti yang akan menjadi pemenang kalian semua telah menjadi bagian penting dalam upaya kita untuk mewujudkan ekosistem riset dan inovasi yang berkelanjutan. Mari kita terus berinovasi, bergerak serentak mewujudkan Merdeka belajar,” ujar Nadiem.

Senada dengan Mendikbud Ristek, Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Prof. Nizam, mengatakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional adalah bagian dari program unggulan MBKM.

“Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional merupakan salah satu program unggulan yang selaras dengan program utama Kemendikbud Ristek itu MBKM yang memberi kesempatan bagi adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan diri dan memaksimal potensinya," ujar Prof. Nizam.

Saatnya adik-adik untuk beradu karya antar perguruan tinggi namun jangan lupa juga untuk membangun persahabatan Nusantara,” kata Prof. Nizam.

Baca juga: Ikut Pimnas 2022, Tim PKM UGM Jadi yang Terbanyak

Di kesempatan sama, Joko Widodo selaku Asisten Khusus Rektor Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mahasiswa dan Alumni UMM berharap, melalui penyelenggaran Pimnas di UMM dapat menemukan talenta yang dapat membawa perubahan baik untuk Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+