Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Internasional IKJ Angkat Tema Dialog Transkultural dalam Seni dan Desain

Kompas.com - 06/12/2022, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar International Conference Dialogue Art dan Design (IC-DAD) bertajuk "Transcultural Dialogue on Art and Design" pada Selasa, 6 Desember 2022.

Dalam sambutan pembukaan, Dekan FSRD IKJ Anindyo Widito menjelaskan, kegiatan konferensi internasional ini fokus pada wacana dan praktik transkultural dari sisi estetika, sejarah, teknologi, hingga politik identitas.

"Kegiatan ilmiah ini mempertemukan seniman, desainer, kurator, peneliti dari berbagai disiplin ilmu untuk merefleksikan praktik seni rupa dan desain dalam kontak lokal dan global. Diharapkan seminar tingkat internasional ini dapat terus berkesinambungan," harap Anindyo.

Anindyo juga berharap, IC-DAD akan mampu menghasilkan luaran dalam berbagai bentuk kolaborasi, riset, hingga artikel akademik sebagai respons terhadap perubahan yang dinamis di bidang seni dan desain.

Kegiatan Seminar Internasional diselenggarakan secara daring dan dibagi dalam dua sesi, hari pertama tanggal 6 Desember 2002 menampilkan narasumber, yaitu;

  • Indah Tjahyawulan (IKJ) mengangkat tema "Instagram as a Medium of Transcultural Interaction"
  • Rénee Akitelek Mboya (Wali Chafu Collective, Nairobi) dengan tema "Lullaby For A Small Death: On Mythology And Mortality In The Archive"
  • Rodolfo Andaur (Curator and cultural manager, Iquique) dengan tema "Curating Territorial Research Trips"
  • Grace Siregar (Indipendent artist, Isle of Bute, Scotland) dengan tema "Ulos as a Futuristic Traditional Element in my Contemporary Art Work"
  • Lian Ladia (The David Ireland House at 500 Capp Street, San Francisco) dengan tema "Minor Curatorial Gestures"

Hari kedua tanggal 7 Desember 2022 menampilkan peserta seminar yang telah mengirimkan artikel dan lolos seleksi yang dilakukan secara paralel secara daring. Seluruh karya tulis ini akan diterbikan dalam bentuk prosiding ber-ISBN.

Baca juga: Komitmen Tumbuhkan Budaya Penelitian, SMP Semesta II Raih Medali Emas OPSI 2022

Transkulturasi melalui sosial media

Sebagai pembicara kunci pertama, Indah Tjahjawulan, Rektor IKJ menjelaskan globalisasi telah memberikan konteks baru bagi antar budaya untuk saling berinteraksi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+