Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 15:14 WIB

KOMPAS.com - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 menemukan jawara baru. Institut Pertanian Bogor atau IPB University menjadi juara umum.

Selama perhelatan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), IPB membawa pulang piala bergilir berkat sederet juara yang diperoleh di berbagai kategori program kerativitas mahasiswa (PKM).

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Sri Gunani Partiwi menjelaskan bahwa penyelenggaraan Pimnas merupakan tahapan akhir dari PKM.

Rangkaian program ini memang dirancang melatih mahasiswa berpikir kritis, memiliki kemampuan analisis yang tajam, serta memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi.

Baca juga: 3 Aturan Baru PPPK Guru Tahun 2023, Ini Kata Mendikbud Nadiem

Dari 37.404 proposal yang masuk, hanya 370 proposal yang dipilih untuk maju berkompetisi di sini.

"Saya ucapkan selamat pada para mahasiswa yang berdiri di sini. Kalian merupakan satu persen bagian terpilih dari sekian banyak proposal yang masuk. Ke depannya kementerian akan terus berkomitmen untuk menjalankan program ini. Insya Allah, program ini akan kami tingkatkan lagi aksestabilitas maupun kualitasnya," ujarnya, dilansir dari laman UMM.

Lebih lanjut, Sri mengatakan, penyelenggaraan Pimnas juga bertujuan untuk menjawab tantangan bonus demografi mendatang.

Pada saat bonus demografi terjadi, jumlah usia produktif sangat tinggi. Jika sumber daya manusia (SDM) tidak dikelola dengan baik, Indonesia emas 25 tahun lagi tidak akan bisa tercapai.

"Namun, pada kesempatan ini, saya merasakan aura yang sangat luar biasa. Para mahasiswa telah menunjukkan prestasi dan semangatnya. Hal ini membuat kita optimis bahwa 25 tahun ke depan akan terwujud Indonesia emas yang kita cita-citakan. Saya juga berharap baik yang menang maupun yang tidak memperoleh juara dapat melanjutkan dan mengembangkan produknya. Semoga apa yang telah kalian rancang ini akan memberikan kontribusi yang baik kepada bangsa dan negara," ungkap Sri.

Di sisi lain, Rektor UMM Dr. Fauzan menilai bahwa Pimnas bukanlah rutinitas tahunan semata, karena tahun 2022 menjadi titik strategis bagi mahasiswa yang dipersiapkan untuk menjawab Indonesia emas 2045.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+