Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 10:49 WIB

KOMPAS.com – Beasiswa Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP) 2023 dari Pemerintah Swedia kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 di beberapa universitas yang ada di Swedia. Pendaftaran program beasiswa ini dibuka hingga 16 Januari 2023.

Beasiswa SISGP bersifat penuh (fully funded) yang ditujukan bagi pelajar asing yang ingin melanjutkan program master di Swedia.

Pemerintah Swedia memberikan beasiswa ini memiliki tujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan setiap negara. Harapannya, setelah menyelesaikan kuliah S2 di Swedia, mereka  dapat berkontribusi memajukan pembangunan berkelanjutan di wilayah mereka masing-masing.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri dengan Uang Saku Rp 300 Juta Per Tahun

Dilansir dari laman resmi Swedish Institute, pada 2023 beasiswa SISGP akan diberikan kepada sekitar 350 orang mahasiswa internasional yang memenuhi syarat dan ketentuan dari pemberi beasiswa.

Sebagai informasi, Swedia berhasil menduduki posisi kelima sebagai salah satu negara yang menerapkan sistem pendidikan terbaik di dunia sesuai global survei yang dilakukan oleh US News.

Sistem pendidikan di Swedia menekankan pada kerja kelompok. Hal ini membuat sistem pendidikan di Swedia berbeda dari negara lain. Selain itu, pendidikannya juga lebih menekankan minat akademik dibandingkan dengan pencapaian nilai.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Finlandia 2023, Kuliah di Negara Paling Bahagia Sedunia

Bagi kamu yang berminat mencoba beasiswa ini, berikut dipaparkan cakupan beasiswa, syarat pendaftaran, dan dokumen pendaftarannya.

Cakupan beasiswa SISGP 2023

1. Biaya kuliah di danai penuh oleh Pemerintah Swedia, yang dibayarkan langsung oleh pihak pemberi beasiswa ke universitas terkait di Swedia setiap awal semester

2. Biaya hidup sebesar SEK 11.000 per bulan (sekitar Rp 16 juta)

3. Asuransi kesehatan dan kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+