Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan tim meninjau posko tanggap darurat di SMP Al-Adzkiya, Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur pada 28 November 2022.

Kedatangan Rektor UNJ beserta tim untuk menemui dan berkoordinasi dengan relawan UNJ yang sudah terlebih dahulu datang ke lokasi sejak kejadian gempa bumi di Cianjur pada 21 November lalu.

Relawan yang berasal dari perwakilan organisasi mahasiswa di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ melalui UNJ Peduli memberikan bantuan kepada korban bencana gempa bumi di Cianjur ke beberapa titik lokasi bencana.

Bantuan ini mendapat respons positif dari masyarakat, salah satunya Rahmat. Menurut Rahmat yang merupakan masyarakat setempat yang turut menjadi korban gempa mengucapkan terima kasih atas bantuan dari UNJ.

"Alhamdulillah bantuan UNJ ini sangat membantu kami masyarakat disini yang memang jadi korban," ucap Rahmat.

Rektor UNJ Prof. Komarudin bersyukur UNJ dan tim bisa terjun langsung ke lokasi gempa.

“Alhamdullah, UNJ bisa berkontribusi memberikan pertolongan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa. Kami hadir di tengah masyarakat untuk membantu masyarakat dalam berbagai bentuknya, distribusi pakaian, minuman, dan makanan” jelas Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, kebutuhan ke depan berdasarkan informasi yang didapat, adalah trauma healing.

Prof. Komarudin mengatakan, "untuk trauma tersebut UNJ dapat memberikan bantuan terapi mengingat UNJ memiliki psikolog dan terapis-terapis berpengalaman dalam penanganan trauma ini.

Dalam sela-sela kunjungan di posko bantuan, Prof. Komarudin menyempatkan diri berdiskusi dengan relawan dari UNJ yang sudah terlebih dahulu di lokasi sejak tanggal 22 November lalu.

Baca juga: Belajar dari Gempa Cianjur, Peneliti Uper Petakan Potensi Gempa Cisolok

 

Ia berpesan agar tidak memaksakan diri apabila kondisi badan sudah lelah, lebih baik melakukan rotasi dengan relawan lain.

“Oleh karena itu, kami akan minta ke UNJ Peduli untuk mendata dan menyiapkan pasukan pengganti dari UNJ. Mudah-mudahan nanti akan banyak relawan yang bisa secara bergilir datang kesini," ujarnya.

"UNJ juga akan menambahkan dari sisi logistik melalui rekening UNJ Peduli. Harapannya UNJ bisa terus berkontribusi meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa di Cianjur," tutup Prof. Komarudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+