Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 10:08 WIB

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) melalui Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dan UT Denpasar menggelar Studium Generale III atau kuliah umum ketiga secara hibrid di Wiswa Sabha, Denpasar, pada tanggal 27 November 2022.

Mengangkat tajuk “Peran UMKM dalam Menghadapi Persaingan Global Pasca Pandemi”, Stadium Generale III FHISIP dan UT Denpasar menggandeng Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dan Pemerintah Provinsi Bali.

Kuliah umum menghadirkan pembicara kunci yakni; Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Bali I Wayan Koster, serta Pemilik Krisna Oleh-Oleh Bali I Gusti Ngurah Anom atau Ajik Krisna. 

"Sebagai institusi pendidikan sekaligus pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ), turut berkontribusi dalam mendorong sektor perekonomian Indonesia melalui kajian ilmiah, memotivasi para pelaku usaha UMKM, dan membangkitkan potensi masyarakat umum, khususnya mahasiswa UT," jelas Rektor UT Prof. Ojat Darojat.

"Tema yang diangkat oleh FHISIP UT diharapkan dapat membangkitkan kreatifitas UMKM serta meningkatkan potensi UMKM dalam bersaing di era globalisasi pascapandemi," tambahnya.

"Semoga peserta sekalian semakin termotivasi untuk mulai berwirausaha yang dapat dimulai dari skala mikro, kecil, maupun menengah. Dan bagi para pelaku usaha semakin tergerak dalam menghadapi persaingan pascapandemi," harap Prof. Ojat.

UMKM jadi tulang punggung ekonomi

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan era digital telah mempermudah setiap orang menjadi wirausahawan. "Saat ini kita memasuki masa pascapandemi Covid-19 di mana kondisi saat ini perlahan-lahan mulai pulih membaik," ungkap Bamsoet.

Sebagian ekonom, lanjut Bamsoet, memprediksi ke depan tantangan ekonomi akan muncul dari dua hal; resesi global dan ketegangan geopolitik (Amerika dan China, serta Rusia dan Ukraina).

Baca juga: Skill yang Paling Dibutuhkan di Era Ekonomi Digital, Mahasiswa Cek

"Dampak resesi ini tidak main-main, di antaranya resiko kebangkrutan yang mengancam dunia usaha. Presiden sudah mengingatkan tahun ini tidak menentu dan tahun depan gelap," ujar Bamsoet mengingatkan.

Untuk itu, Ketua MPR mengingatkan pentingnya menguatkan ketahanan ekonomi, termasuk dalam menguatkan UMKM seperti tema yang diangkat Studium Generale kali ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+