Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSA UGM Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro

Kompas.com - 10/11/2022, 16:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) meraih juara 3 pada Persi Award 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (22/10/2022).

Adapun nama-nama pemenang itu diumumkan pada hari terakhir penyelenggaraan Seminar Nasional PERSI.

Tahun ini, kegiatan tersebut mengambil tema "Strategi Membangun Patient Loyalty Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Rumah Sakit Indonesia di Tingkat Asia".

Baca juga: Vespa Listrik Inovasi Mahasiswa Polines Ramaikan G20 Bali

RSA UGM mendapatkan penghargaan juara 3 dalam kategori green hospital dengan makalah yang berjudul "Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Sebagai Sumber Energi Terbarukan Menuju RS Mandiri Energi".

Melansir laman RSA UGM, Selasa (8/11/2022), makalah tersebut disusun oleh Yudan Yunarko, S.Tr.T., Dewi Sarastuti, SKM., Chandra Ardian S.T., dan Irfan Parwanto.

RSA UGM coba menghadirkan inovasi program dan implementasinya melalui teknologi pembangkit listrik tenaga mikro hidro.

Dalam komitmennya menjaga lingkungan dan menjadi Green Hospital, penelitian ini didasar pada kekhawatiran mengenai jumlah penggunaan listrik pada Rumah Sakit yang menelan biaya yang tidak sedikit.

Water Treatment Plan, sebagai salah satu solusi yang ditawarkan oleh RSA sebagai energy terbarukan alternative yang sangat bermanfaat dalam penghematan energi tersebut.

Pada implementasinya, prinsip kerja PLTMH RSA UGM memerlukan proses aerasi pada WTP, beroperasional 24 jam dengan automatic system.

Selain itu juga diperlukan penambahan generator turbin pada bak aerasi, sehingga dapat mengubah debit air menjadi energi mekanik.

Baca juga: Mahasiswa Unair Inovasi Kemasan Makanan Ramah Lingkungan dari Limbah Ini

Energi listrik yang dihasilkan turbin disimpan dalam battery (aki) dengan menggunakan trafo, kemudian listrik diaplikasikan sebagai sumber cahaya lampu untuk taman RSA UGM.

RSA UGM berharap dengan inovasi teknologi PLTMH ini dapat menciptakan kontribusi nyata dalam menciptakan alternatif sumber listrik terbarukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com