Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Marie Joseph Perkuat Kurikulum Merdeka lewat Kerja Sama Cisco Akademi dan IDS

Kompas.com - 10/11/2022, 15:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - SMK Marie Joseph, Kelapa Gading, Jakarta menjalin kerja sama dengan Cisco Akademi dan International Design School (IDS) dalam memperkuat tenaga pendidik dan juga kurikulum yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka dari Kemendikbud Ristek secara penuh.

Dalam kerja sama ini para guru SMK Marie Joseph diberikan pelatihan dan materi mengenai teknologi informasi komunikasi, seni, dan ekonomi kreatif.

“Adanya perkembangan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari hari yang begitu pesat sementara di sisi lain kurangnya ketersediaan tenaga kerja di bidang teknologi yang tidak dapat mendukung perkembangan penggunaan teknologi ini, maka berdirilah SMK Marie Joseph, yang berada di bawah naungan Yayasan Amal dan Kurban Jakarta,” ungkap Yuvenalis Sira Sabon, Kepala SMK Marie Joseph.

Informasi ini disampaikan Yuvenalis dalam acara peluncuran SMK Marie Joseph di Old Shanghai, Sedayu City yang diadakan pada 5 November 2022.

Sebagai informasi, Marie Joseph School adalah Sekolah Butik Bilingual Katolik pertama didirikan pada 10 Januari 2004. Nama Marie Joseph School diambil dari nama pendiri Kongregasi Fransiskanes Sambas (KFS), yaitu Muder Marie Joseph Raymakers from Etten Leur, Belanda.

“SMK Marie Joseph ingin berkontribusi kepada dunia pendidikan Indonesia untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan siap melanjutkan kuliah. SMK Marie Joseph bisa menjadi dasar atau pijakan para anak muda yang ingin menjadi kuliah di dunia digital dan ekonomi kreatif,” tegas Yuven.

Lebih jauh ia menjelaskan, SMK Marie Joseph memiliki kurikulum standar pemerintah yang dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi bersama parter yaitu Cisco Akademi untuk pengembangan kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak dan IDS untuk pengembangan kurikulum Animasi.

Cisco Akademi dan IDS juga memberikan dukungan melalui perangkat laboratorium dan juga
adanya mentorship dari partner Cisco Akademi dan IDS.

Baca juga: Mencari Format Pengajaran Sejarah dalam Kurikulum Merdeka

Tidak hanya sisi kurikulum, Kepala Sekolah Marie Joseph juga menjelaskan pihaknya memiliki kegiatan MJ Club yang mendukung penyaluran hobi, minat dan bakat.

"Para siswa juga mudah untuk mendapatkan tempat untuk magang dan dapat melanjutkan kuliah ke jurusan yang sama di perguruan tinggi dengan baik karena kurikulum SMK kita sudah disesuaikan dengan kurikulum kampus," jelas Yuven.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com