Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Analysts Profesi Paling Dicari di 2025, Ini Rekomendasi Jurusan dan Kampus Terbaiknya

Kompas.com - 22/10/2022, 16:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa, tahukah kamu profesi apa yang paling menjanjikan pada tahun 2025?

Jawabannya adalah Data Analysts. Data Analysts berada di peringkat pertama dalam Jobs of Tomorrow menurut World Economic Forum.

Sebuah laporan oleh IBM juga menyebut bahwa ada 2,7 juta lowongan pekerjaan di bidang Data Analysts dan Data Science pada tahun 2025 mendatang.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang Data Analyst, ada 5 jurusan dan rekomendasi kampus terbaik yang punya prospek berkarier di bidang tersebut.

Melansir dari akun Instagram Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish, Sabtu (22/10/2022), Data Analysts merupakan seorang profesional yang bertugas untuk menerjemahkan angka-angka menjadi sebuah laporan yang mudah dipahami.

Baca juga: STMKG, Sekolah Kedinasan Milik BMKG: Kuliah Gratis-Lulus Jadi CPNS

Data-data seperti data penjualan, riset pasar, logistik hingga biaya transportasi akan diolah menjadi sebuah acuan perusahaan untuk menentukan harga produk atau melakukan efisiensi biaya. Berikut 5 jurusan dan kampus terbaik agar bisa berkarier bidang Data Analysts.

1. Management Information Systems

Jurusan ini secara spesifik mempelajari tentang teori dan penggunaan teknologi informasi untuk kebutuhan manajemen suatu perusahaan. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang data analyst.

Rekomendasi kampus terbaik:

  • Massachusetts Institute of Technology
  • University of Texas
  • University of Manchester

2. Computer Science

Di era big data seperti saat ini, seseorang yang melek teknologi menjadi kewajiban. Jurusan Ilmu Komputer tidak hanya mendalami teknologi akan tetapi juga mempelajari bagaimana mengolah data yang ada dengan efektif menggunakan program pilihan.

Rekomendasi kampus terbaik jurusan ini antara lain:

  • Massachusetts Institute of Technology
  • Stanford University
  • University of Oxford


Baca juga: Yuk Intip 10 Jurusan SMK yang Menjanjikan Di Masa Depan

3. Finance

Lulusan finance cocok untuk menjadi seorang data analyst karena sudah terlatih untuk memiliki kemampuan kuantitatif kuat dan pengetahuan yang mendalam tentang probability dan risk. Termasuk dalam konteks bisnis.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com