Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Intip 10 Jurusan SMK yang Menjanjikan Di Masa Depan

Kompas.com - 22/10/2022, 12:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMP yang ingin melanjutkan pendidikan bisa memilih Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Bagi yang berencana sekolah di SMK, kamu sudah bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatmu.

Berbeda dengan siswa SMA, siswa SMK akan dibekali dengan banyak praktik sehingga setelah lulus punya keterampilan yang bisa diserap di dunia kerja.

Namun bagi siswa yang masih bingung pilih jurusan di SMK, ada 10 jurusan SMK yang banyak diminati dan cukup menjanjikan setelah lulus nanti.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Sejak Dulu hingga Sekarang

Apa saja jurusan SMK yang menjanjikan itu? Melansir dari laman sekolah BPK Penabur, Sabtu (22/10/2022), berikut 10 jurusan SMK yang bisa jadi referensi bagi para siswa.

1. Administrasi Perkantoran

Siswa yang memilih jurusan Administrasi Perkantoran akan mempelajari tentang administrasi di lingkungan kantor. Siswa akan belajar mengenai penataan surat menyurat, pengetikan dokumen hingga pengelolaan arsip kantor. Jurusan ini sangat cocok bagi siswa yang teliti.

2. Akuntansi

Lulusan yang punya keterampilan di bidang Akuntansi selalu dibutuhkan perusahaan. Siswa yang memilih jurusan Akuntansi di SMK juga terbuka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Siswa akan belajar berbagai bentuk transaksi keuangan, seperti mencatat, mengelola hingga menyajikan data.

3. Bisnis dan Pemasaran

Siswa yang memilih jurusan SMK Bisnis dan Pemasaran akan belajar mengelola bisnis online, penataan dan inovasi produk, marketing hingga administrasi transaksi.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Cocok bagi Anak SMK dan Prospek Kerjanya

4. Animasi

Jurusan SMK yang cukup menjanjikan adalah jurusan Animasi. Terlebih saat ini animasi juga sering digunakan dalam dunia marketing karena menarik dan lebih mudah dicerna masyarakat.

5. Broadcasting

Siswa yang punya rasa percaya diri tinggi bisa memilih jurusan SMK Broadcasting. Sekarang bukan hanya industri TV dan siaran radio yang membutuhkan penyiar, karena kamu juga bisa menjadi staf YouTuber terkenal.

6. Rekayasa Perangkat Lunak

Siswa yang memilih jurusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak akan belajar semua cara pengembangan perangkat lunak.

Termasuk pembuatan, pemeliharaan, pengembangan dan manajemen kualitas. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga berkaitan dengan pembuatan aplikasi, website dan semua yang bersinggungan dengan pemrograman komputer.

7. Desain Grafis/Multimedia

Jurusan SMK lainnya yang menjanjikan setelah lulus adalah jurusan Desain Grafis atau Multimedia. Siswa yang memilih jurusan ini di SMK akan belajar membuat teks, video hingga animasi menggunakan berbagai software design. Jurusan SMK Desain Grafis/Multimedia ini cocok bagi kamu yang kreatif dan berbakat di bidang seni.

Baca juga: 7 Solusi bagi Mahasiswa yang Salah Pilih Jurusan Kuliah

8. Pariwisata

Indonesia punya potensi pariwisata yang sangat besar. Sehingga jurusan Pariwisata di SMK pun sangat menjanjikan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com