Kompas.com - 04/10/2022, 09:41 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tes kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) menjadi lazim dibahas dan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tes ini dikenal mampu membuat seseorang mengenal dirinya sendiri, bahkan terkait pekerjaan ideal.

Tes MBTI adalah kuesioner yang menunjukkan kekuatan dan preferensi tentang bagaimana orang memandang dunia dan membuat keputusan.

Pada dasarnya tes ini membagi kepribadian individu berdasarkan beberapa dikotomi kategori yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Percieving (P) sehingga dihasilkan 16 tipe kepribadian berdasarkan kombinasi, seperti ESFP, INTJ, dan lain-lain.

Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers, seorang ibu dan anak perempuan yang ingin membantu wanita Amerika menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan kepribadian mereka selama Perang Dunia II dengan menciptakan tes ini.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah dari Tes Kepribadian MBTI, Kamu Tipe Apa?

Melansir dari situs lowongan pekerjaan dunia Indeed, MBTI mampu menganalisis preferensi hingga menghasilkan 16 tipe kepribadian berbeda yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi karier ideal seseorang terutama bagi para siswa dan mahasiswa.

16 tipe kepribadian MBTI yang cocok dengan pekerjaan atau karier kamu

1. Inspektur (ISTJ)

ISTJ umumnya terlihat serius dan formal. Tipe ini biasanya menyukai tradisi dan percaya pada nilai-nilai, seperti kehormatan, kerja keras, dan tanggung jawab sosial. Lalu bagi orang pendiam, pendiam, tenang, dan jujur.

Di tempat kerja, orang dengan tipe ISTJ dikenal bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Tempat kerja yang terorganisir membuatnya berkembang dan lebih suka memiliki aturan yang telah ditetapkan untuknya.

Selain itu, tipe ISTJ juga suka menggunakan pemikiran analitis dan kritis dan sangat berorientasi pada detail.

Bagi kamu yang seorang ISTJ, dapat mempertimbangkan pekerjaan di bawah ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.