Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Overthinking adalah kondisi ketika kita sedang memikirkan sesuatu terlalu "dalam" sehingga tidak selesai-selesai. Padahal, overthinking tidak hanya terbatas pada pikiran itu saja karena terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.  

Psikolog dan dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Keluarga dan Ilmu Konsumen Fakultas Ekologi Manusia, Nur Islamiah membagikan bahwa seseorang yang overthinking sering memikirkan sesuatu yang tidak dalam kapasitasnya untuk mengendalikannya.

Overthinking ini setidaknya memiliki dua bentuk. Pertama, merenungkan peristiwa yang tidak menyenangkan di masa lalu, misalnya dengan memunculkan pemikiran 'Seandainya saja saya tidak melakukannya saat itu'. Kedua, mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi di masa depan.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Dengan demikian, sering merasa menyesal tentang masa lalu, dan ketakutan serta kecemasan dalam menghadapi masa depan.

“Berbeda dengan memikirkan solusi atas suatu masalah, overthinking cenderung mendramatisasi peristiwa yang sudah terjadi dan memprediksi sesuatu yang buruk untuk sesuatu yang belum terjadi,” ungkap Nur.

Untuk mengatasinya, Nur memberikan lima tips yang dapat kamu mulai lakukan jika mulai overthinking.

1. Cari tahun penyebab overthinking

Pertama, cari tahu pemicu atau penyebab overthinking. Dengan mengetahui penyebabnya, kesadaran juga akan meningkat sehingga menyadari bahwa overthinking merupakan kegiatan yang buruk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Rencanakan Pensiun yang Sejahtera

2. Tuliskan dan amati

Kedua, jika kamu sadar overthinking yang sedang terjadi merugikan diri sendiri, ambil langkah nyata untuk menghentikan atau mengendalikan pikiran negatif tersebut. Salah satunya adalah dengan menuliskannya, kemudian mengamatinya dengan seksama.

Selanjutnya, uji atau pertanyakan pikiran negatif, “Apakah pikiran saya nyata atau fakta?" karena seringkali pikiran negatif itu hanya datang dari rasa takut atau kecemasan yang dibuat sendiri.

"Kita menemukan inti dari pikiran negatif itu kemudian kita mengambil langkah nyata untuk berhenti memikirkannya dengan mempertanyakan dan menantang pikiran negatif itu, lalu melepaskannya," dia menjelaskan.

Baca juga: Sering Overthinking? Psikolog UGM Beri Cara Atasi Overthinking

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+