Kompas.com - 03/10/2022, 20:07 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Krisis pandemi Covid-19 menyebabkan sebagian masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya makan dan minum bergizi untuk meningkatkan imunitas.

Masyarakat juga meyakini dari media sosial (medsos), media elektronik maupun informasi lainnya, bahwa minuman tertentu dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Punya 400 Anggota Tim Bayangan, Pengamat: Nadiem Tak Percaya ASN Kemendikbud

Guru Besar Ilmu Gizi IPB, Prof. Hardinsyah menyebut, air putih dan minuman herbal menjadi favorit masyarakat selama pandemi Covid-19.

Sementara minuman berbasis pemanis diduga mengalami penurunan.

"Temuan ini didapatkan dari survei online terhadap minuman favorit selama masa pandemi bersama mahasiswa IPB," ungkap dia dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Hasil temuan ini dikombinasikan dengan beberapa studi di berbagai negara. Survei ini untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan jenis minuman di dalam negeri maupun mancanegara.

Menurut dia, minuman dapat dikategorikan favorit bila jumlah konsumsinya minimal 20 persen dari total populasi suatu negara.

Dari penelitian terhadap 2.200 subjek orang dewasa di Jawa, kategori air minum tidak dalam kemasan tetap menjadi favorit di masa pandemi Covid-19 dan tidak mengalami penurunan.

"Kajian ini bahkan menemukan bahwa subjek yang tetap minum air bernilai lebih dari 75 persen, baik pada wanita maupun pria," ungkap dia.

Baca juga: Pengamat: 400 Anggota Tim Bayangan Nadiem Berpotensi Langgar UU dan Regulasi

Dia menambahkan, survei juga dilakukan pada kategori minuman ringan seperti jus buah, susu, isotonik, minuman berenergi dan berkarbonasi.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.