Kompas.com - 03/10/2022, 21:30 WIB

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) menjalin kemitraan dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam pengembangan Program Studi Akuntansi.

Ukrida juga mendapat kepercayaan bermitra dengan IAI untuk menyelenggarakan beberapa program bersertifikat. Pencapaian ISO 21001: 2018 prodi Akuntansi Ukrida turut memperkuat relasi, di mana prodi Akuntansi Ukrida meningkatkan layanan manajemen pendidikan.

Perkembangan program studi akuntansi dan bagaimana profesi akuntan akan terus menghadapi tantangan zaman yang memasuki era digital menjadi perhatian bagi IAI dan Ukrida.

Menurut Ketua Program Studi Akuntansi Ukrida, Diana Frederica terdapat dua tren besar yang dihadapi, yaitu digitalisasi dan sustainibility development sehingga diperlukan upaya menyiapkan mahasiswa melalui pendidikan akuntansi.

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif IAI, Elly Zarni Husin saat ini profesi akuntan memang sedang menghadapi dua hal yang sangat berpengaruh, yaitu teknologi atau digitalisasi dan sustainability atau keberlanjutan.

Dinamika ini tidak hanya dihadapi oleh bidang pendidikan, tetapi juga organisasi profesi, karena itu perlu memastikan agar bisa menguasai perubahan guna mempersiapkan masa depan”.

Selanjutnya Direktur Eksekutif IAI juga menambahkan bahwa IAI sebagai bagian dari organisasi profesi international (IAI sebagai anggota International Federation of Accounting – IFAC) tetap mengacu pada International Education Standard.

Salah satunya adalah teknologi sebagai materi yang harus disesuaikan dengan standar tersebut, dan sangat penting untuk menyiapkan mahasiswa Akuntansi agar bisa mengantisipasi perkembangan.

Baca juga: Peduli Pembangunan Berkelanjutan, UII Masuk THE Impact Rankings 2022

Adapun perkembangan yang dimaksud adalah Artificial Intelligence, Block chain, Cloud computing, Data analytics, Ethic (ABCDE).

Masih menurut Elly Zarni Husin bahwa untuk menghadapi perkembangan terkait teknologi, perlu dipastikan agar institusi pendidikan tidak hanya melakukan penyesuaian silabus (Rencana Pembelajaran Semester/RPS) dan kurikulum, tetapi juga perlu membekali mahasiswa dengan etika yang menjadi hal utama bagi profesi akuntan.

Menurut Direktur Eksekutif IAI, Elly Zarni Husin, Ak., C.A., FCMA., CGMA., saat ini profesi Akuntan memang sedang menghadapi dua hal yang sangat berpengaruh, yaitu teknologi atau digitalisasi dan sustainability.DOK.Ukrida Menurut Direktur Eksekutif IAI, Elly Zarni Husin, Ak., C.A., FCMA., CGMA., saat ini profesi Akuntan memang sedang menghadapi dua hal yang sangat berpengaruh, yaitu teknologi atau digitalisasi dan sustainability.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.