Kompas.com - 26/09/2022, 16:08 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahun, universitas-universitas unggulan di Amerika Serikat dan Inggris menerima puluhan ribu aplikasi calon mahasiswa dari seluruh dunia dan hanya meloloskan sebagian kecilnya.

Sebagai contoh, Crimson Education menyebut pada tahun ajaran 2022 ini, Harvard University hanya menerima 4,59 persen dari 42.749 pelajar yang melamar.

Beratnya kompetisi menjadi pemicu utama bagi pelajar-pelajar berprestasi seluruh dunia untuk membangun profil yang sebaik-baiknya.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Namun nyatanya, nilai akademis saja tidaklah cukup untuk menjamin keberhasilan. Lalu, apa saja penilaian yang dilakukan oleh kampus terbaik dunia?

Tidak cukup mengandalkan nilai rapor

Amerika Serikat (AS) dan Inggris merupakan dua negara yang menjadi "rumah" beberapa universitas terbaik dunia.

Mulai dari universitas-universitas Ivy League (Universitas Brown, Universitas Columbia, Universitas Cornell, Perguruan Tinggi Dartmouth, Universitas Harvard, Universitas Pennsylvania, Universitas Princeton, dan Universitas Yale) hingga Universitas Oxford serta Universitas Cambridge.

Menjadi destinasi favorit orangtua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya, tidak terkecuali para orangtua Indonesia.

Pasalnya, universitas tersebut tak hanya memiliki sarana dan prasarana yang berlimpah, namun juga jaringan alumni yang ekstensif, reputasi universitas yang menjanjikan segudang peluang berkarier, hingga tenaga pengajar berpengalaman yang telah meraih berbagai penghargaan.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

Namun, menembus universitas kelas dunia bukanlah pekerjaan yang mudah.

Former Alumni Interviewer di University of Chicago dan US University Admissions Strategist, Lyn Han memberikan penjelasan mengenai skema seleksi universitas penerimaan di AS dan Inggris yang bersifat holistik.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.