Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Green School Bali Masuk Nominasi 3 Sekolah Terbaik Dunia Aksi Lingkungan

Kompas.com - 23/09/2022, 11:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Green School Bali masuk nominasi tiga besar kompetisi sekolah terbaik dunia dalam acara yang digelar T4 Education berkolaborasi dengan Accenture dan American Express. 

Tujuan kegiatan ini yaitu saling berbagi praktik baik dari sekolah di seluruh dunia yang berhasil merubah kehidupan para siswa dan membuat perbedaan di masyarakat.

Pemenang akan diumumkan pada 19 Oktober 2022 di acara World Education Week. Hadiah 250 ribu dolar akan diberikan secara merata kepada para pemenang di mana masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah sejumlah 50 ribu dolar.

Hadiah sekolah terbaik dunia terdiri dari lima kategori, yaitu

  • Kolaborasi Masyarakat (Community Collaboration)
  • Aksi Lingkungan (Environmental Action)
  • Inovasi (Innovation)
  • Mengatasi Kesulitan (Overcoming Adversity)
  • Mendukung Hidup Sehat (Supporting Healthy Lives)

Lima sekolah yang masuk nominasi akan berbagi praktik baik mereka dalam acara World Education Week. Melalui acara School Transformation Toolkits mereka juga akan menampilkan rahasia pendekatan inovatif dan petunjuk bagaimana orang lain dapat meniru metode mereka untuk membantu meningkatkan pendidikan di seluruh dunia.

Kegiatan ini menjadi sebuah perayaan seluruh sekolah di dunia atas peran penting mereka dalam mengembangkan generasi penerus dan kontribusi besar mereka kepada masyarakat terutama pasca pandemik covid-19.

Nominasi tiga besar sekolah dunia diraih Green School Bali dengan memasukan isu lingkungan ke dalam program sekolah melalui sejumlah inisatif seperti biobis dan toilet kompos.

Praktik baik isu keberlanjutan

“Ketika dunia ingin bangkit dari kehancuran akibat pandemi Covid, terlalu banyak anak yang akan terus tertinggal kecuali kita melihat tindakan mendesak pada pendidikan," ujar Founder of T4 Education and the World’s Best School Prizes Vikas Pota.

"Para pemimpin harus belajar dari pengetahuan dan pengalaman yang ada di sekolah, karena mereka yang berada di garis depan pendidikan tahu lebih baik dari siapa pun tentang perubahan. Hal ini yang perlu kita lihat," jelas Vikas Pota.

Baca juga: PKKMB Unkris, Doni Monardo Ajak Mahasiswa Jadi Patriot Lingkungan

Vikas menambahkan, "penghargaan sekolah terbaik dunia memunculkan keahlian sekolah-sekolah inspirasional dari seluruh penjuru dunia. Sudah waktunya bagi pemerintah di mana pun untuk mendengarkan suara mereka.”

Dalam kesempatan sama, Global Sustainability Services Lead and Chief Responsibility Officer at Accenture Peter Lacy turut mengucapkan selamat kepada Green School Bali.

Peter mengatakan, banyak guru di seluruh dunia akan terinspirasi oleh contoh yang diberikan oleh Green School Bali.

“Accenture bangga berkolaborasi dengan T4 Education pada Penghargaan Sekolah Terbaik Dunia untuk Aksi Lingkungan yang memberdayakan generasi masa depan dalam memanfaatkan teknologi baru dan praktik inovatif untuk mengatasi masalah keberlanjutan global yang berdampak pada kita semua,” ungkapnya.

Melalui penghargaan ini, Accenture berharap dapat mengetahui alat dan tehnik yang dikembangkan di program lingkungan yang dilakukan oleh sekolah, dan membagikannya kepada khalayak luas.

Peter juga berharap, kegiatan ini dapat menginspirasi banyak orang untuk menduplikasi dan melipatgandakan skala percetapan dan perluasan dari dampak yang diberikan.

Head of Corporate Sustainability at American Express mengatakan, American Express senang mengetahui murid dan guru yang melakukan aksi untuk melindungi lingkungan dan masa depan mereka.

Hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan American Express untuk mencari solusi permasalahan iklim, dan kedepannya akan terus mendukung program dan kerja sama untuk membangun ketahanan iklim dan masyarakat yang berkeadilan.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan dari Bahan Ini


Tahap selanjutnya, tiga finalis akan masuk ke dalam tahap suara masukan masyarakat. Masyarakat memiliki waktu sampai 2 Oktober untuk memberi tahu juri siapa yang menurut mereka harus memenangkan hadiah melalui tautan worldsbestschool.org

Acara ini dibentuk oleh T4 Education berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti Accenture, American Express, Yayasan Hasanah, Templeton World Charity Foundation, the Lemann Foundation, D2L, Mellby Gård, and Universidad Camilo José Cela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com