Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Internasional IC-MBA 2022, UNJ: Upaya Mencapai Rekognisi Internasional

Kompas.com - 27/08/2022, 20:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali menjadi tuan rumah "International Conference on Management, Business, and Accounting (IC-MBA)" yang diselenggarakan pada 27-28 Agustus 2022.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2022 Pascasarjana UNJ juga telah berhasil menggelar "International Conference Humanities, Education and Social Science (ICHEDS)".

Pada kegiatan kali ini ini, pascasarjana UNJ, Indonesia bekerja sama dengan Asia University (Taiwan) dan Istambul Arel University (Turkey). Kegiatan ini merupakan komitmen Pascasarjana UNJ mewujudkan visi dan misi UNJ menjadi world class university dan bereputasi di kawasan Asia.

IC-MBA 2022 menerima 130 pendaftaran dari 4 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Turkey dan Taiwan.

Konferensi ini juga menampilkan pembicara dari berbagai negara, yaitu:

  • Prof. Mamoon Allan (University of Jordan, Yordania)
  • Prof. Ali Akdemir (Istambul Arel University, Turkiye)
  • Prof, Wing-Keung Wong (Asia University, Taiwan)
  • Prof. Nurul Indarti (Universitas Gajah Mada, Indonesia)

Selain melakukan konferensi internasional, IC-MBA juga mengadakan workshop teknik penulisan artikel dengan pembicara Adammu Abbas dari Curtin University, Malaysia.

Dalam konferensi ini peserta juga mengirimkan makalah kepada panitia yang nantinya akan di submit ke special issue di beberapa jurnal internasional, dan makalah yang memenuhi kriteria akan dipublikasi di jurnal internasional.

Kegiatan yang diketuai Prof. Dedi Purwana ini mengangkat tema “Business transformation for Economic Advancement toward Society 5.0 Era” dan dilaksanakan secara hibrid.

Baca juga: MBM ISB Hadirkan Kerja Sama S2 Internasional bersama Universitas AS dan Swiss

Ketua Pelaksana IC-MBA 2022, Prof. Dedi menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya penciptaan suasana akademik dengan mengembangkan SDM sesuai Renstra Pascasarjana UNJ yang secara konsisten untuk mencapai rekognisi internasional melalui perluasan akses internasional.

"Pada akhirnya kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mewujudkan visi Pascasarjana UNJ menjadi pusat pembelajaran berbasis penelitian tingkat pascasarjana yang bereputasi di kawasan Asia yang juga mencerminkan visi UNJ," jelas Prof. Dedi.

Prof. Dedi Purwana juga menjelaskan, kegiatan konferensi menjadi penting sebagai upaya pascasarjana UNJ bereputasi di kawasan Asia.

"Selain itu, seiring perolehan Akreditasi Internasional di AQAS Jerman, pascasarjana UNJ berkomitmen untuk menciptakan academic atmosphere berstandar internasional dalam bentuk penyelenggaraan berbagai seminar atau konferensi berskala internasional secara periodik," ujar Prof. Dedi Purwana.

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ Prof. Komarudin mengatakan, kegiatan konferensi internasional ini akan berkontribusi pada upaya UNJ untuk meningkatkan posisi perguruan tinggi negeri badan layanan umum (PTN-BLU) ke perguruan tinggi badan hukum (PTN-BH).

"IC-MBA 2022 merupakan salah satu Program UNJ untuk mendukung visi Universitas Negeri Jakarta: Menjadi Universitas Terkemuka di Asia," tegas Prof. Komarudin.

Baca juga: GeNose Siap Dipasarkan ke-4 Negara, Sudah Publikasi 2 Jurnal Internasional

"Dalam hal ini, diharapkan dapat meningkatkan penelitian bersama dan publikasi bersama dibuat oleh dosen dan mahasiswa di UNJ, Istanbul Arel University dan Asia Management College," pungkas Prof. Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com