Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Unesa Ini Sukses Bangun Bisnis Periklanan Selama 30 Tahun

Kompas.com - 16/08/2022, 20:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sosok Jessica Kartika telah lama melintang di dunia bisnis periklanan. Setidaknya butuh waktu 30 tahun dirinya menekuni bisnis tersebut.

Jessica yang lulusan Universitas Surabaya (Unesa) ini mengaku, dirinya menjalankan bisnis ini bukan tanpa tujuan, tapi memang passion di dunia periklanan.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Saat menjalankan bisnis, kata dia, tidak berani bermimpi terlalu besar.

Meski hasilnya saat ini telah terlihat, bahwa JJ Indonesia (Group) telah berkembang sedemikian cepat hingga menjadi Leading Advertising Agency di Indonesia.

"Saya mulai bisnis periklanan ini dari nol. Sejak 30 tahun yang lalu sebelum sebesar dan sesukses sekarang. Saat jalani bisnis, saya juga dibantu 2 orang adik saya," kata dia dalam keterangannya, Selasa (16/8/2022).

Dia mengatakan, memang semakin ke sini persaingan makin sengit. Untuk menyiasatinya, dia bersama tim tetap meningkatkan kredibilitas dan kreativitas yang dimiliki.

Karena, kata dia, dirinya menjalani bisnis tidak hanya mengejar ambisi dan keuntungan.

Namun untuk skills dan experience yang bisa memberi dampak positif bagi banyak orang dan untuk Indonesia.

"Tanpa kredibilitas dan konsistensi sulit untuk menjaga nama baik brand (perusahaan) di mata konsumsen. Jadi itulah yang membuat kami tetap bertahan dan berjaya sampai hari ini," jelas Jessica yang dulunya kuliah di Prodi Management Marketing Unesa.

Saat ini, sebut dia, sudah banyak klien bisnis perusahaannya. Mulai dari perusahaan yang kecil-kecil sampai besar.

Baca juga: Cerita Lulusan Unpad Jalani Bisnis Hijab yang Telah Ditekuni Selama 7 Tahun

"Dulu klien pertama kami GA Lighting, sekarang sudah besar-besar ada Djarum, So Klin, Gudang Garam, Tokopedia, Kecap Sedaap, Daia, Lion, Samsung, dan masih banyak lagi. Itu kita rawat, agar bisnis yang kami jalankan tetap jalan," jelas dia.

Mahasiswa lulusan Universitas Surabaya (Unesa), Jessica Kartika sukses menjalani bisnis dunia periklanan selama 30 tahun.DOK. Jessica Kartika Mahasiswa lulusan Universitas Surabaya (Unesa), Jessica Kartika sukses menjalani bisnis dunia periklanan selama 30 tahun.

Kiat sukses jalani bisnis dunia perikalanan

Untuk bisa menjalankan bisnis hingga saat ini, sambung dia, kuncinya adalah dedikasi pada pekerjaan.

Tak lupa, dirinya mampu menempatkan diri sebagai pimpinan dan senantiasa mengembangkan visi baru untuk kemajuan perusahaan.

Baca juga: Ini 15 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Yang paling penting, bisnis dan pekerjaan yang dikerjakan saat ini sejalan dengan hobi maupun passion-nya.

"Jangan sampai jadikan pekerjaan itu merupakan suatu beban, bahkan ketika harus menghadapi masalah yang cukup berat. Ini passion saya di bidang ide/konsep dan strategy branding/marketing. Jadi kita jalani tanpa beban, kalaupun ada masalah itu biasa dan segera cari solusinya," ungkap perempuan yang hobinya selalu di depan laptop ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com