Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Kelola Stres pada Anak saat Belajar

Kompas.com - 12/08/2022, 10:23 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Kebutuhan anak akan belajar membuat orangtua harus turut andil dalam prosesnya. Secara primer, kebutuhan akan pelajaran memang akan anak dapatkan di sekolah.

Akan tetapi, orangtua juga harus memerhatikan proses tumbuh kembang anak dalam belajar. Misalnya memberi perhatian atas kegiatan anak di sekolah atau sekadar membantunya mengerjakan pekerjaan rumah.

Pada prosesnya, terkadang rangkaian pembelajaran yang dilakukan anak dapat membuatnya stres. Hal ini bisa dipicu materi yang sulit dimengerti, lebih menyukai aktivitas fisik seperti bermain, hingga kurang fokus.

Lantas, bagaimana ya cara mengatasi anak yang sering mengalami stres?

Simak penjelasan Damar Wahyu Wijayanti, Co-Founder Good Enough Parents dan Montessori & Certified Positive Discipline Parents Educator, dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Mengelola Stres pada Anak saat Belajar”.

Untuk menghindari anak stres karena belajar, orangtua dapat melakukan hal-hal berikut.

Mendampingi Anak Belajar

Waktu yang dibutuhkan orangtua untuk mendampingi anak belajar tergantung keluarga masing-masing.

Hal terpenting adalah menyesuaikan waktu anak dan orangtua Sebab, waktu paling optimal adalah ketika anak siap menerima pelajaran dan orangtua pun luang.

Saran dari Damar, orangtua harus mengajarkan anak sesuai dengan kemampuan anak karena hal ini dapat menjadi ajang bonding.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.