Kompas.com - 27/07/2022, 13:21 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengaku keberpihakannya kepada kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam dunia pendidikan serta digitalisasi.

Untuk itu, keamanan atau perlindungan terhadap perempuan dirasa penting dalam keberlangsungan kehidupan pendidikan merdeka.

Baca juga: Hindari Minum Teh Setelah Makan, Dosen UM Surabaya: Ini 3 Bahayanya

"Peran perempuan sangatlah penting, demi mewujudkan keamanan bagi kebebasan perempuan dalam menyampaikan inspirasi adalah yang utama," kata dia dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

Nadiem pun mengungkapkan, Kemendikbud Ristek sudah punya aturan untuk melindungi perempuan dan memerangi pelecehan seksual di tempat pendidikan atau kampus.

Lewat aturan tersebut, Kemendikbud Ristek memberikan pemulihan dan perlindungan pada korban dan memberikan sanksi kepada pelaku.

"Kami juga selalu membuka pintu berkolaborasi lintas sektor, melalui Kampus Merdeka kami memberikan akses setinggi dan seluas-luasnya terutama bagi perempuan, untuk menggabungkan dunia usaha dan pendidikan," ucap Menteri Nadiem.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengatakan, Indonesia dan dunia sedang menghadapi transformasi digital yang memengaruhi perubahan budaya dan mengharuskan semua pemangku kepentingan untuk terus menantang status quo.

Sementara dalam konteks sosial ekonomi, transformasi digital menghadirkan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan taraf hidup semua negara.

Baca juga: Pakar Unpad: Ide Citayam Fashion Week Jangan Untungkan 1 Pihak Saja

"Untuk memanfaatkan manfaat ekonomi digital, perempuan perlu meningkatkan pemanfaatan teknologi dan aplikasi digital untuk memaksimalkan peluang. Teknologi yang muncul memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan pada akhirnya meningkatkan daya saing," ucap dia.

Untuk mewujudkan itu, perempuan dan lelaki untuk ke depannya diharapkan mampu bekerjasama mempromosikan kepemimpinan perempuan di sektor energi terbarukan.
Yakni, dengan meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja, khususnya di bidang STEM.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.