Kompas.com - 23/07/2022, 15:17 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, sekolah swasta mulai terkena dampak dari penerimaan guru menjadi ASN sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki saat melakukan pertemuan dengan Plh. Bupati Kendal dan jajarannya beberapa waktu lalu.

"Saya menemukan laporan lembaga pendidikan berbasis masyarakat (sekolah swasta) mulai terkena dampak krisis tenaga pendidik," ujarnya dikutip dari laman DPR RI, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Peringatan HAN 2022, Kemendikbud Sosialisasikan Lagu Anak Indonesia

Tentunya, semua karena guru diangkat menjadi ASN sebagai PPPK setelah lolos ternyata tidak dikembalikan ke sekolah asal tetapi ditempatkan di sekolah-sekolah negeri.

Berharap guru kembali ke sekolah asal

Ia menyatakan, sekolah swasta yang berbasis masyarakat seperti milik lembaga pendidikan Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama (NU) dan sebagainya ini ingin agar guru-guru mereka yang lulus PPPK dikembalikan ke sekolah asal.

Sehingga mereka tidak kehilangan guru karena rata-rata yang diangkat menjadi guru PPPK adalah guru senior.

"Saya kira ini perlu mendapatkan perhatian serius pemerintah pusat. Jangan lagi ada alasan karena terkunci oleh undang-undang ASN karena di sana sebenarnya masih ada celah," tegasnya.

Baca juga: Mahasiswa UNY Bimbing ABK sampai Bisa Calistung

Sebab, lanjut Zainuddin, yang disebut pegawai ASN itu adalah pegawai pemerintah yang ditempatkan di lembaga pemerintah dan atau ditempatkan di lembaga lain atas nama menyelenggarakan tugas negara.

"Ini artinya masih punya dasar untuk bisa menempatkan mereka kembali ke sekolah asal," imbuhnya.

Pemerintah harus memikirkan kesejahteraan guru swasta

Ia juga berharap dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan di Kendal yang tinggi mencapai Rp 332 miliar bisa digunakan untuk "me-manage" pendidikan di Kabupaten Kendal dengan baik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.