KILAS

Rumah Anak SIGAP Bantu Penurunan Stunting di Jateng, Ganjar Beri Apresiasi untuk Tanoto Foundation

Kompas.com - 22/07/2022, 13:59 WIB

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengapresiasi pelaksanaan program penurunan stunting yang digelar Tanoto Foundation di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Kamis (21/7/2022).

Salah satu kegiatan tersebut adalah peresmian pusat layanan pengasuhan untuk mendukung stimulasi dan pembelajaran dini anak usia nol sampai tiga tahun yang disebut Rumah Anak SIGAP.

Program ini merupakan bentuk kemitraan antara Tanoto Foundation dengan pemerintah daerah (pemda).

Rumah Anak SIGAP ini didirikan dengan mengembangkan model layanan yang bertujuan membekali keluarga agar mampu memberikan pengasuhan.

Pengasuhan tersebut pun diharapkan dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak usia nol sampai tiga tahun secara menyeluruh (holistik) yang terintegrasi dengan layanan kebutuhan esensial anak lainnya.

Baca juga: Dukung Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia, Tanoto Foundation Gelar Webinar Nasional

Ganjar mengatakan, program Rumah Anak SIGAP sejalan dengan program 5 Ng yang dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, yakni Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (Jateng Gayeng Memperhatikan Ibu Hamil).

Program tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara rutin.

“Ini penting untuk mencegah bayi stunting,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Ganjar menyebutkan, program pencegahan dan penanganan stunting harus dilakukan secara berkesinambungan, dimulai saat bayi berada dalam kandungan hingga setelah lahir.

Oleh karena itu, dia sangat mengapresiasi program Rumah Anak SIGAP yang diinisiasi Tanoto Foundation serta berharap program ini bisa memfasilitasi edukasi dan pendampingan ibu hamil dan ibu yang memiliki anak bayi.

Baca juga: Tanoto Foundation dan UNICEF Ingatkan Orangtua Pentingnya Vaksin bagi Anak

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.