Kompas.com - 21/07/2022, 06:15 WIB

KOMPAS.com - Banyak fresh graduate yang memilih bekerja di start up untuk saat ini. Bahkan, tren bekerja di start up semakin menjamur di kalangan anak muda yang baru lulus kuliah.

Berbeda dengan generasi yang lebih tua, yang cenderung memilih perusahaan yang sudah lama berdiri sebagai tujuan berkarier, atau memilih menjadi abdi negara. Generasi muda saat ini cenderung lebih terbuka dengan kesempatan kerja dari berbagai jenis perusahaan.

Nama besar perusahaan ataupun kasta perusahaan bukanlah menjadi patokan utama, melainkan mementingkan rasa nyaman dengan sistem digitalisasi yang diterapkan oleh perusahaan.

Baca juga: Erick Thohir: 9 Pekerjaan Ini Butuh 17 Juta Tenaga Kerja pada 2024

Dilansir dari Ma'soem University, startup adalah perusahaan rintisan atau perusahaan yang baru dan bergerak di bidang pengembangan teknologi. Tiga elemen penting sebuah perusahaan disebut ‘Startup’ adalah founder, investor, serta produk atau jasa layanan.

Faktor pembeda antara perusahaan Startup dengan perusahaan konvensional dapat dilihat dari sumber pendanaan, tujuan usaha dan struktur organisasi.

Sumber pendanaan awal biasanya dilakukan secara mandiri oleh founder hingga bila perusahaan tersebut berkembang, mereka akan datang ke pihak ketiga atau para investor.

Tujuan usaha dari perusahaan Startup cenderung fokus pada growth atau pertumbuhan usaha melalui inovasi.

Struktur organisasi pada Startup umumnya memiliki hirarki horizontal, di mana para atasan dan bawahan dapat berkomunikasi secara langsung dan dua arah alih-alih birokratis.

Karena itu, terdapat 5 alasan kenapa para fresh graduate tertarik bekerja di perusahaan Startup. Berikut rinciannya.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

1. Mencari tempat untuk belajar dan berkembang

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.