Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2022, 07:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Tahap Penyisihan Olimpiade Sains Nasional jenjang Sekolah Dasar (OSN SD) di tahun 2022.

Di tahun 2022, sebanyak 43.644 peserta dari 34 Provinsi seluruh Indonesia berpartisipasi.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengatakan bahwa Peserta OSN untuk jenjang SD tahun ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pasalnya, pada 2021 lalu, total peserta OSN SD berjumlah 19.570 peserta sedangkan pada tahun 2020 jumlah peserta hanya mencapai 2.258 peserta.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

“Peserta OSN SD tahun ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Kita turut mengapresiasi kepada minat tinggi anak-anak Indonesia khususnya jenjang Sekolah Dasar di bidang sains. Semoga terus berprestasi dan menjadi generasi unggul bangsa,” terang Asep dilansir dari laman Pusat Prestasi Nasional.

Kasubbag Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional, Muslih menambahkan jumlah peserta OSN SD yang naik dua kali lipat merupakan bukti OSN SD semakin kompetitif setiap tahunnya.

“Jumlah peserta tahun ini melonjak. Semangat kompetitif sangat dibutuhkan oleh adik-adik jenjang Sekolah Dasar. Tapi tetap jangan lupakan sportivitas, tetap berpegang teguh pada kejujuran, karena Jujur itu Juara,” jelas Muslih.

Talenta Sains Untuk Indonesia Maju

Tema OSN SD 2022 adalah “Talenta Sains Untuk Indonesia Maju”.

Asep berharap, OSN SD Tahun 2022 menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

"Sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri,” harap Asep.

Sementara itu, terdapat dua bidang yang dilombakan dalam OSN 2022 yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Sebanyak 21.774 terdaftar sebagai peserta di bidang Matematika. Kemudian untuk bidang IPA diikuti sebanyak 21.920 peserta sehingga total peserta keseluruhan mencapai 43.644 peserta.

Dari data yang dihimpun oleh Puspresnas tersebut jumlah peserta di tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Kondisi pandemi Covid-19 yang berangsur menghilang turut mempengaruhi keikutsertaan para peserta OSN SD 2022.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com