Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Staf Presiden Buka Pendaftaran 2022: Syarat dan Cara Daftar

Kompas.com - 17/06/2022, 17:35 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kantor Staf Presiden membuka pendaftaran Sekolah Staf Presiden yang berlangsung hingga 29 Juni 2022.

Sekolah Staf Presiden merupakan ladang inkubator kepemimpinan nasional bagi para calon pemimpin bangsa untuk menjadi seorang negarawan masa depan.

Selama masa program yang berdurasi 5 hari, muda-mudi akan ditempa dengan metode kerja strategis, taktis, dan praktis di lingkungan Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kantor Staf Presiden sendiri dibentuk oleh Presiden dalam rangka membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kelancaran pengendalian Program-Program Prioritas Nasional dan penyelenggaraan Komunikasi Politik Kepresidenan serta Pengelolaan Isu Strategis.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Kantor Staf Presiden memiliki tugas dan fungsi memberi dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu strategis.

Dalam pelaksanaan tugasnya akan melakukan fungsi pengendalian dalam rangka memastikan bahwa program-program prioritas nasional dilaksanakan sesuai visi dan misi Presiden.

 

Selain melakukan pengendalian, Kantor Staf Presiden juga melaksanakan fungsi memberikan dukungan percepatan pelaksanaan, monitor dan evaluasi program prioritas nasional dan isu strategis, menyelesaikan masalah secara komprehensif terhadap program-program prioritas nasional yang dalam pelaksanaannya mengalami hambatan, pengelolaan isu strategis.

Fungsi lain dari Kantor Staf Presiden adalah bertanggung jawab atas pengelolaan strategi komunikasi politik dan diseminasi informasi, termasuk penyampaian analisis data dan informasi strategis dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan.

Selain dari fungsi-fungsi tersebut di atas, Kantor Staf Presiden dapat melakukan fungsi administrasi dan fun lain yang ditugaskan oleh Presiden.

Dalam pelaksanaan tugasnya Kepala Staf Kepresidenan akan dibantu oleh beberapa Deputi dan Kesekretariatan yang tugas dan tanggung jawabnya dapat dilihat di Struktur Organisasi.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah

Syarat pendaftar Sekolah Staf Presiden

1. Pendaftar berusia 17 - 26 tahun.

2. Berdomisili wilayah Jabodetabek.

3. Terbuka untuk semua profesi.

4. Melalukan pendaftaran lewat website

Jadwal pendaftaran Sekolah Staf Presiden

  • Pendaftaran: 16-29 Juni 2022
  • Seleksi administrasi: 30 Juni - 1 Juli 2022
  • Seleksi wawancara: 7-13 Juli 2022
  • Pengumuman peserta: 18 Juli 2022
  • Pelaksanaan: 25-29 Juli 2022

Informasi lengkap seputar syarat dapat dilihat melalui laman https://ksp.go.id/sekolah-staf-presiden.html 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com