Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Edukasi dan UNJ Kerja Sama Kembangkan Bahan Ajar Digital

Kompas.com - 20/04/2022, 21:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT. Pesona Edukasi terkait kolaborasi pengembangan usaha dan digitalisasi bahan ajar. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Aula Gedung UTC Kampus A UNJ, Jakarta (20/4/2022).

Pada kesempatan acara ini, Prof. Sofia Hartati, Ketua Badan Pengelola Usaha (BPU) UNJ mengatakan dalam rangka menyongsong UNJ menuju PTNBH, maka UNJ melakukan kerja sama dengan Pesona Edukasi untuk pengembangan bahan ajar.

Selain itu, sebagi bagian dari kerja sama akan dilakukan pula lomba literasi numerasi, dan pengabdian pada masyarakat dengan membagikan 1.000 ebooks ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia serta pengembangan usaha bersama dalam bidang pendidikan.

Prof. Sofia Hartati menambahkan, pilot project kerja sama ini nantinya sebagai bentuk implementasi pembelajaran berbasis digital yang akan dilakukan di Labschool UNJ.

"Tujuannya tentu untuk berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia serta melakukan inovasi pendidikan seiring dengan era digital," jelas Prof. Sofia Hartati.

Sementara itu Hary S. Candra, Co-Founder PT. Pesona Edukasi mengaku bangga dapat bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta.

PesonaEdu memiliki fokus mengembangkan teknologi untuk edukasi khususnya aplikasi dan konten yang telah mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi baik di dalam maupun luar negeri.

“Saya meyakini dengan dukungan UNJ kami bisa melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan digitalisasi proses pembelajaran. Semoga pesona edukasi dapat terus memberikan kontribusi di dunia pendidikan," ujar Hary.

Baca juga: Kurikulum Merdeka Bebaskan Guru Berkreasi Membuat Bahan Ajar

Dalam kesempatan sama, Prof. Komarudin, Rektor UNJ dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama ini dan kerjasama ini penting bagi UNJ sebagai LPTK karena pendidikan perlu adanya inovasi digitalisasi dalam proses pembelajaran.

“Kami berharap kerja sama ini bisa jadi tolak ukur bagi LPTK yang lain dan bisa bergerak cepat dalam implementasinya,” harap Prof. Komarudin.

Adapun beberapa PKS yang ditandatangani antara UNJ dan PT. Pesona Edukasi, diantaranya:

  • PKS tentang Kolaborasi Pengembangan Usaha
  • PKS tentang Pembuatan dan Pemasaran Bahan Ajar Digital
  • PKS tentang Hibah E-book 1000 Sekolah
  • PKS tentang Kolaborasi Pelaksanaan Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional.

Hadir dalam acara ini, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Co-Founder PT. Pesona Edukasi, Ir. Hary S. Candra, para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) UNJ, Kepala BPS Labschool, dan para Kepala SMP/SMA Labschool UNJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com