Kompas.com - 20/04/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com- Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) diluncurkan pemerintah menjadi skema bantuan biaya pendidikan yang bisa digunakan calon mahasiswa untuk mendaftar di perguruan tinggi.

Bantuan ini dikhususkan bagi siswa berprestasi namun memiliki kondisi finansial yang kurang memadai.

Selain bisa digunakan di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022, KIP Kuliah juga bisa digunakan di jalur Mandiri perguruan tinggi negeri (PTN).

Bagi siswa yang belum mendaftar SNMPTN maupun UTBK SBMPTN 2022, bisa memanfaatkan KIP Kuliah untuk jalur Mandiri PTN 2022.

Baca juga: Intip Universitas Terbaik di Jabar Versi SIR dan QS WUR 2022

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 jalur Mandiri

Merangkum dari laman resmi KIP Kuliah, Rabu (20/4/2022), jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 untuk jalur Mandiri yakni pada 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah jalur Mandiri jangan sampai kelewatan ya. KIP Kuliah 2022 juga memberi keleluasaan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus swasta.

Pendaftaran KIP kuliah untuk seleksi mandiri perguruan tinggi swasta (PTS) dijadwalkan pada 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2022 juga perlu tahu cara pendaftarannya di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Forisa Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Ayo Daftar

Cara daftar KIP Kuliah 2022

Berikut cara mendaftar KIP Kuliah 2022 yang wajib diketahui calon mahasiswa:

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.