Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Shixpo 2022, Shidqia Islamic School Dorong Kegiatan Siswa Berbasis Iptek dan Karakter

Kompas.com - 14/03/2022, 12:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - SMP Shidqia Islamic School menggelar program Shixpo 2022 yang merupakan ajang kompetisi sains, da'i, MTQ, dan story Telling yang ditujukan bagi pelajar se-Jabodetabek. 

Shixpo tahun ini secara khusus mengangkat tema besar "The Spirit Of The Youth is Infinity" yang membawa pesan dan harapan agar para siswa terus mengembangkan diri, baik secara akademik maupun karakter.

"Untuk meraih kesuksesan seorang pelajar harus mampu menghadapi realita dengan bekerja keras, menguatkan ikhtiar, dan memiliki karakter yang adaptif pada kondisi seperti saat ini," ungkap Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dalam sambutan puncak acara (12/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Tri juga mengingatkan pelajar untuk dapat memberikan kontribusi kepada bangsa negara Indonesia.

"Sehingga bisa membanggakan orangtua dan memajukan kota," tambah Tri.

"Kami juga mendorong kegiatan peningkatan pembelajaran akademik yang berlandaskan iman dan iptek, khususnya untuk sekolah-sekolah di wilayah Kota Bekasi," pungkasnya.

Webinar nasional guru hingga kompetisi siswa

Sebagai bagian dari Shixpo 2022, SMP Shidqia Islamic School menggelar webinar nasional bertajuk "Melejitkan Potensi Diri Menjadi Guru Penggerak dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka di Era DIgitalisasi" pada Rabu, 2 Maret 2022.

Webinar nasional yang ditujukan bagi guru pendidikan dasar ini bertujuan meningkatkan potensi guru dan juga seluruh sivitas sekolah dalam menyongsong Kurikulum Merdeka di era digital.

Webinar nasional yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatulah ini menghadirkan pembicara utama Zulfikri Anas, Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Dorong Kembali PTM Terbatas di Sekolah

Setelah webinar nasional guru, beberapa ajang lomba digelar pada 4-5 Maret 2022 dengan total hadiah sebesar Rp 13 juta. Lomba yang diadakan pada Shixpo 2022 meliputi:

  • MHQ tingkat SD dan SMP
  • DA’I Cilik tingkat SD
  • Story Telling tingkat SD
  • Speech Contest tingkat SMP
  • Olimpiade Sains (Matematika dan IPA) tingkat SD

Ustaz Subki Al-Bughury yang turut hadir pada puncak Shixpo 2022 menekankan pentingnya meningkatkan semangat keimanan dalam rangka bangkit dari masa pandemi serta mulai masuknya bulan suci Ramadan.

Hal ini memerlukan kerja sama antara orangtua, murid, dan pihak sekolah supaya potensi anak bisa dimaksimalkan.

"Doa dan keteladanan adalah hal yang penting dan tidak boleh putus diikhtiarkan untuk murid-muridku di SMP Shidqia Islamic School," pesan Subki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com