Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar Penerbit Erlangga: Ini Tips Siswa Sukses Hadapi Ujian Sekolah

Kompas.com - 08/03/2022, 11:32 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Penerbit Erlangga menyelenggarakan Webinar Motivasi US 2022 'Ujian Sekolah, Pentingnya di Mana'.

Dalam webinar ini hadir beberapa narasumber yakni Plt. Kabid SD & PKL Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Drs. Putoyo dan Shahnaz Haque sebagai seorang Public Figure. Webinar ini diikuti oleh 3.000 peserta baik dari kalangan guru, siswa, dan orangtua.

Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W. mengungkapkan, webinar ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada guru, siswa, dan orangtua dalam menghadapi Ujian Sekolah.

"Ini juga salah satu upaya kami sebagai perusahaan penerbitan buku pendidikan, untuk membantu mempermudah orangtua dalam mendampingi putra-putri tercintanya belajar menghadapi Ujian Sekolah," ujar Irving seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Beasiswa LPDP Penyandang Disabilitas 2022, Ini Ketentuannya

Ujian sekolah jadi syarat penentu kelulusan

Seperti diketahui, nilai Ujian Sekolah (US) merupakan salah satu syarat penentu kelulusan siswa. Selain itu juga ada nilai rapor dan nilai sikap siswa.

Untuk itu, para siswa hendaknya dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi Ujian Sekolah.

Sedangkan para orangtua bisa mendukung dengan cara memberikan sarana sumber belajar terbaik bagi putra putri tercintanya agar meraih nilai terbaik.

Penerbit Erlangga sebagai salah satu penerbit buku pendidikan terbaik di Indonesia menyediakan sumber soal latihan terbimbing dan latihan mandiri dalam paket-paket soal US.

Yaitu Erlangga X-Press US, SPM Plus US untuk SD/MI, Erlangga X-Press dan Erlangga Fokus US untuk SMP/MTs, serta Erlangga X-Press US dan Teropong US untuk SMK/MAK.

Tips hadapi ujian sekolah

Berikut tips hadapi Ujian Sekolah agar bisa mendapat nilai memuaskan:

1. Pelajari dan pahami kembali materi esensial yang pernah dipelajari tiga tahun terakhir. Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam Ujian Sekolah.

Baca juga: Alpukat Bisa Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi? Ini Kata Pakar IPB

Caranya adalah dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku, baik secara mandiri, berkelompok, ataupun di bawah bimbingan guru.

2. Pelajari contoh-contoh soal model Ujian Sekolah yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

3. Setelah merasa sudah paham, kemudian menguji diri dari apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan model Ujian Sekolah. Untuk mengetahui kebenaran dari jawabannya, periksa hasil jawaban dengan mencocokan dengan kunci jawaban yang tersedia.

4. Mengerjakan soal-soal paket simulasi Ujian Sekolah yang disediakan. Untuk memastikan jawabannya, periksa hasil jawaban dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia.

Siswa perlu banyak latihan soal dan terstruktur dengan soal-soal berkualitas nasional dari buku-buku US Erlangga.

Baca juga: Tim UP Kembangkan Baterai Mobil Listrik Berbasis Sodium dan Aluminium

Setelah membeli buku-buku US Erlangga, siswa juga dapat menguji kemampuan dengan cara mengikuti Try Out US akbar yang diselenggarakan pada bulan Februari dan Maret 2022. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com