Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju PTN-BH, Universitas Negeri Jakarta Gelar Raker 2022

Kompas.com - 07/03/2022, 20:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan rapat kerja (Raker) Tahunan bertajuk “Optimalisasi Target Capaian UNJ Tahun 2022 Menuju Kemandirian” yang digelar secara hibrid pada 7-9 Maret 2022.

Acara secara luring dilaksanakan di Gedung UTC lantai 8, Kampus A UNJ dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sedangkan daring melalui Zoom.

Dalam sambutan, Prof. Komarudin, Rektor UNJ menyampaikan raker ini merupakan salah satu tradisi organisasi dan suatu siklus dalam organisasi yang tiap tahun selalu ada. UNJ secara rutin menggelar raker dua kali setahun yaitu pada awal dan akhir tahun.

"Awal tahun sifatnya perencanaan dan akhir tahun sifatnya evaluasi," jelas Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin berharap, raker ini dapat terpusat fokus memikirkan gagasan di dalam membangun UNJ satu tahun ke depan.

"Diharapkan juga terjadi peningkatan-peningkatan, dan program kerja yang susun harus terstruktur dan bermutu mengacu pada IKU (indikator kinerja utama)," ujarnya.

“Mohon setiap unit kerja memperhatikan produk-produk kinerja dosen, tendik, dan mahasiswa. Kinerja dosen dilihat dari tridarma perguruan tinggi, mahasiswa bisa dilihat dari kemampuan akademik, produktivitas akademik dan prestasi," pesan Rektor UNJ.

"Kalau tendik sudah tentu dengan daya dukung terhadap kinerja akademik yang menjadi tugas utama perguruan tinggi,” pungkas Prof. Komarudin.

UNJ menuju PTN-BH

Tema kemandirian yang diangkat dalam tajuk Raker UNJ sejalan dengan proses UNJ menuju PTN-BH yang sekarang sudah diusulkan. Maka dua pokok bahasan itu dikemas menjadi tajuk Raker UNJ tahun ini.

Acara Raker ini dihadiri baik secara daring maupun luring oleh rektor, senat, wakil rektor, para dekan, para kepala lembaga, pimpinan badan, pimpinan unit pelayanan teknis, dan para staf ahli dilingkungan unit kerja UNJ.

Baca juga: Menuju PTN-BH, UIN Jakarta Optimalisasikan Aset

Beberapa agenda yang dibahas dalam Raker UNJ, antara lain Review Program Kerja Tahun 2022, Penyusunan Program Kerja Tahun 2023, Pengisian dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja tahun 2022.

Raker UNJ ini menghadirkan narasumber, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D selaku Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan yang memaparkan materi mengenai "UNJ Menuju PTNBH: Good Governance University Untuk Masa Depan Pendidikan".

Dalam pemaparan, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie menyampaikan apresiasinya kepada UNJ yang terus meningkat kualitas. Menurut Prof. Tjitjik, ada tiga hal dalam menyiapkan SDM Unggul di UNJ, di antaranya transformasi pendidikan tinggi, otonomi perguruan tinggi, dan kolaborasi.

"Pada tranformasi pendidikan tinggi terdapat delapan IKU yang menjadi target, sementara untuk penguatan otonomi perguruan tinggi terdapat tiga hal, yaitu kebebasan akademik dan mimbar akademik, tata Kelola lebih fleksibel dan lincah, serta keunggulan spesifik sesuai diferensiasi misi," ujar Prof. Tjitjik.

Selain pemaparan dari narasumber dan tanya jawab, acara ini juga memaparkan program kerja dari setiap unit kerja dilingkungan UNJ, mulai wakil rektor, fakultas, sampai dengan badan yang ada di UNJ.

Totok Bintoro, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ yang juga penanggungjawab acara Raker UNJ dalam sambutannya mengatakan, liga IKU tahun 2021, UNJ masuk 10 besar yaitu peringkat 8.

Baca juga: Beasiswa Kedokteran di 6 PTN dan PTS, Simak Persyaratannya

 

"Sedangkan tahun ini untuk sementara waktu karena belum final UNJ masih belum dipastikan berada diposisi berapa. Untuk itu dengan adanya raker ini kita fokus untuk membawa UNJ ke posisi yang terhormat dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," ujar Totok Bintoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com