Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yudisium PPG UNJ 2021, Guru Profesional Diminta Terus Berinovasi

Kompas.com - 10/03/2022, 11:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Jakarta (LP3 UNJ) menggelar Yudisium Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara virtual pada Kamis, 10 Maret 2022.

Yudisium diberikan kepada mahasiswa dalam jabatan baik dari kuota Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dan juga kuota Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2021.

Rektor UNJ Prof. Komarudin memberikan ucapan selamat para guru yang sudah lulus dan resmi menjadi guru profesional sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

"Kelulusan teman-teman semua sebagai pendidik profesional bisa membekali keyakinan dan kepercayaan diri sebagai guru yang kompeten dan profesional," ungkap Prof. Komarudin.

Lebih jauh Prof. Komarudin juga mengingatkan agar para guru profesional untuk terus mengembangkan kompetensi berdasarkan bidang sertifikatnya masing-masing.

"Berdasarkan UU, guru profesional memiliki empat kompetensi, keempat tersebut harus menyatu, melebur dan menginternalisasi terhadap setiap guru. Pesan kami, sebagai guru profesional maka harus senantiasa mengembangkan profesi," pesan Rektor UNJ.

"Dan diharuskan juga melakukan perubahan dan inovasi didalam pembelajaran. Tunjangan profesi bagusnya digunakan untuk pengembangan kompetensi diri bukan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif," kata Prof. Komarudin di akhir sambutannya.

Dalam kesempatan sama, Elvira yang mewakili Temu Ismail, Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Kemdikbud Ristek menyampaikan apresiasi kepada dosen UNJ yang telah memberikan keteladanan.

“Para lulusan PPG diharapkan menjadi independent learner menguasai literasi, ICT dan mampu mengelaborasi pembelajaran, dan tunjangan profesi sebaiknya digunakan untuk meningkatkan kompetensi Ibu dan Bapak," ujar Elvira.

Baca juga: Dampingi Kesehatan Mental Siswa, KGSB Gelar Pelatihan bagi Guru BK

Muhammad Zain Direktur GTK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag yang turut hadir menyampaikan, “kami merasa bersyukur atas sinergi antara Kemenag dan UNJ dalam memberikan banyak manfaat, terutama ilmu-ilmu dari para dosen UNJ."

"Hal ini sejalan dengan moto kami yaitu guru hebat, siswa cerdas dan madrasah bermartabat," pungkas Muhammad Zain.

Lebih dari 1.800 lulusan PPG

Ketua PPG Daryanto dalam laporannya menyebut, mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 sampai 4 tahun 2021 dan mahasiswa Retaker tahun 2018-2020 dari Kemdikbud Ristek berjumlah 1.792 orang.

Sedangkan lulusan PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 dan 2 berasal dari Kementerian Agama RI dengan jumlah 165 orang.

Lulusan PPG tersebut berasal dari 14 bidang studi yang tersebar di 7 fakultas dan 2 bidang studi kolaboratif yaitu Bidang Studi Kehutanan dan Bidang Studi Seni Broadcasting dan Film yang merupakan kerja sama antara UNJ dengan IPB dan Polimedia Negeri Jakarta.

Jumlah lulusan terbanyak berasal dari Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 1.147 orang dan secara berurut diikuti oleh Bidang Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi sebanyak 216 orang, Pendidikan Matematika (129 orang), Pendidikan Bahasa Indonesia (77 orang).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com