Kompas.com - 21/02/2022, 10:22 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktur Kemahasiswaan Unair, M. Hadi Subhan menyampaikan beberapa informasi penting mengenai program beasiswa bagi para mahasiswa Unair.

Hal itu disampaikan oleh Hadi saat acara Airlangga Education Expo (AEE) 2022 pada Minggu (20/2/2022).

Baca juga: 16 Kampus Terbaik Versi QS WUR 2022, Jadi Acuan di SNMPTN dan SBMPTN

"Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa Unair, baik untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi maupun mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang tertentu," ucap dia melansir laman Unair.

Jenis beasiswa di Unair

Ada beberapa jenis beasiswa di Unair yang bisa mahasiswa peroleh, yakni:

1. Beasiswa KIP Kuliah

Bagi mahasiswa kurang mampu secara ekonomi, kata Hadi, pemerintah telah menyediakan beasiswa pendanaan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang sebelumnya bernama program Bidik Misi.

Calon mahasiswa baru dapat mendaftar untuk seleksi beasiswa ini sebelum mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Baca juga: BCA Buka Lowongan Kerja Magang Lulusan SMA-S1 Selama 1 Tahun

"Setiap tahun, KIP Kuliah tidak seluruhnya dapat terserap di jalur SNMPTN dan SBMPTN. Maksudnya, ada sisa jatah KIP Kuliah yang artinya peluangnya sangat besar sekali," papar Hadi.

Di Unair terdapat sekitar 35 persen mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah di jenjang S1, D4, dan D3.

Calon mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat menerima beasiswa KIP Kuliah akan memperoleh pendanaan pendidikan penuh selama delapan semester bagi mahasiswa S1 dan D4, enam semester bagi mahasiswa D3, empat semester bagi mahasiswa D2, dan dua semester bagi mahasiswa D1.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.