Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Mekanisme SNMPTN dan Peminatan-SNMPTN ITB 2022

Kompas.com - 15/02/2022, 17:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka. Bagi calon mahasiswa (siswa eligible) yang ingin masuk PTN di jalur ini bisa segera mendaftar.

Secara khusus yang ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), apakah sudah paham jurusan kuliah apa saja yang ditawarkan? Bagaimana mekanisme pendaftaran SNMPTN 2022 di ITB?

Melansir laman ITB, Selasa (15/2/2022), ITB mengadakan Open House Pendidikan ITB 2022 pada Sabtu (12/2/2022) dalam rangka penerimaan mahasiswa baru ITB.

Baca juga: Cara Daftar SNMPTN 2022, Simak 7 Langkah Ini

Adapun narasumbernya ialah Direktur Pendidikan ITB Dr. Techn. Ir. Arief Hariyanto dan Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Irvan Christiawan, S.T. Kedua narasumber menjelaskan mekanisme mengenai SNMPTN 2022 dan Peminatan-SNMPTN 2022.

Pendaftaran SNMPTN 2022 sebagai salah satu sistem seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia diadakan pada 14-28 Februari 2022.

Mekanisme SNMPTN ITB

Terdapat ketentuan khusus yang diberikan oleh ITB setelah mengikuti ketentuan umum dari LTMPT.

1. Ketentuan khusus yang pertama adalah peserta yang memilih FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, dan SAPPK harus berasal dari bidang studi SMA/MA IPA.

2. Ketentuan khusus yang kedua adalah peserta yang memilih SBM harus berasal dari SMA/MA IPA atau IPS.

3. Ketentuan khusus yang ketiga adalah peserta yang memilih FSRD harus berasal dari SMA/MA IPA/IPS/Bahasa atau SMK bidang seni rupa.

4. Ketentuan khusus keempat adalah peserta tidak memiliki kondisi buta warna total maupun parsial untuk peserta yang memilih SITH, SF, FTTM, FSRD, Teknik Geologi (FITB), Teknik Kimia (FTI), Teknik Pangan (FTI), dan Kimia (FMIPA).

Selain itu, saat mendaftar, peserta tidak boleh memilih 2 program studi dari fakultas atau sekolah yang sama. Akan tetapi, peserta dapat memilih 2 program studi dari fakultas yang sama dengan rumpun ilmu atau lokasi kampus yang berbeda.

Baca juga: Daya Tampung SNMPTN 2022 Prodi Soshum UNJ, Manajemen Paling Diminati 2021

Contohnya peserta boleh memilih Teknik Geofisika di FTTM Ganesha di pilihan pertama dan Teknik Geofisika di FTTM Cirebon di pilihan kedua. Namun, peserta yang memilih 2 program studi di ITB harus berdasarkan syarat yang diberikan LTMPT.

Sementara syarat peserta yang mendaftar adalah peserta SNMPTN yang sudah memiliki kartu peserta dan saat mendaftar di akun LTMPT harus memilih Fakultas atau Sekolah dari program studi yang dipilih.

Contohnya adalah memilih program studi Astronomi, maka saat pengisian PTN di portal LTMPT memiliki FMIPA-IPA.

Prodi ITB

Berikut ini Program Studi yang ditawarkan oleh ITB:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com